Penulis Utama : Rayhan Taufik Ramdani
NIM / NIP : R0218094
×

Rayhan Taufik Ramdani, R0218094, 2022. Hubungan  Pengetahuan, Msa Kerja , dan Pelatihan Kebakaran dengan Kesiapsiagaan Tanggap Darurat Kebakaran Pekerja di PT. Aneka Tambang Bogor, Diploma 4 Keselamatan dan Kesehatan Kerja Sekolah Vokasi, Universitas Sebelas Maret, Surakarta.

Latar Belakang : Salah satu industri yang memiliki risko tinggi kebakaran adalah Pertambangan. Dalam menghadapi keadaan darurat kebakaran diperlukan tindakan mitigasi yang baik. Salah satu unsur dalam mitigasi keadaan darurat kebakaran adalah kesiapsiagaan kebakaran. Tingkat kesiapsiagaan yang dimiliki pekerja beragam yang dipengaruhi berbagai macam faktor, sehingga diperlukan penelitian untuk menilai apakah pekerja telah memiliki tingkat kesiapsiagaan yang cukup. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara masa kerja, pengetahuan, dan pelatihan tanggap darurat kebakaran dengan kesiapsiagaan tanggap darurat kebakaran pekerja di bagian Office PT. Aneka Tambang Bogor.

Metode : Penelitian ini adalah penelitian observasional analytic, dengan pendekatan cross sectional. Responden dalam penelitian ini adalah pekerja bagian office PT Antam Tbk. UBPE Pongkor sejumlah 60 orang pekerja. Teknik pengambilan sample menggunakan simple random sampling. Penelitian ini menggunakan kuisioner pengetahuan kebakaran, kuisioner kesiapsiagaan tanggap darurat kebakaran dan formulis data diri sebagai alat penelitian. Teknik analisa data yang digunakan adalah analsisis uji somers’d dan uji regresi logistic ordinal.

Hasil : Hasil uji korelasi somers’d terdapat hubungan signifikan antara masa kerja, pengetahuan kebakaran, dan pelatihan kebakaran ditunjukkan dengan nilai  pvalue <0>wald 5,783.

Kesimpulan : Terdapat hubungan antara masa kerja, pengetahuan kebakaran dan pelatihan kebakaran dengan kesiapsiagaan tanggap darurat pekerja bagian office PT Antam Tbk. UBPE Pongkor.

×
Penulis Utama : Rayhan Taufik Ramdani
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : R0218094
Tahun : 2022
Judul : HUBUNGAN PENGETAHUAN, MASA KERJA , DAN PELATIHAN KEBAKARAN DENGAN KESIAPSIAGAAN TANGGAP DARURAT KEBAKARAN PEKERJA DI PT. ANEKA TAMBANG BOGOR
Edisi :
Imprint : Surakarta - Sekolah Vokasi - 2022
Program Studi : D-4 Kesehatan Kerja
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : Kata Kunci :Masa Kerja, Pengetahuan Kebakaran, Pelatihan Kebakaran, dan Kesiapsiagaan Tanggap Darurat Kebakaran.
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D IV)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Seviana Rinawati, S.KM., M.Si
2. Dr. Isna Qadrijati, dr, M.Kes
Penguji : 1. Tutug bolet Atmojo, SKM., M.Si
Catatan Umum : rayhanramdani21@gmail.com
Fakultas : Sekolah Vokasi
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.