Penulis Utama : Diah Savitri
NIM / NIP : R0015025
×

ABSTRAK 

Latar Belakang: PT Petrosida Gresik adalah perusahaan yang bergerak di bidang manufaktur agrokimia yang berpotensi mengalami kebakaran, peledakan dan tumpahan B3, untuk itu dilakukan tindakan pencegahan dan pengendalian keadaan darurat melalui penerapan sistem tanggap darurat yng dipersyaratkan dalam OHSAS 18001:2007, ISO 14001:2015 dan PP No 50 tahun 2012. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis perencanaan, penanganan dan tindakan pemulihan dalam mengendalikan keadaan darurat di PT Petrosida Gresik area Chemical Plant.   

Metode: Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif yang menggambarkan implementasi sistem tanggap darurat di PT Petrosida Gresik Chemical Plant  kemudian penulis menganalisis hasil penelitian dengan peraturan perundangan, standar nasional/internasional, literatur dari buku dan referensi lainnya. 

Hasil: PT Petrosida Gresik telah berkomitmen melakukan pencegahan dan pengendalian keadaan darurat untuk kebakaran, peledakan, huru- hara, gempa bumi, kecelakaan kerja dan tumpahan B3 melalui manajemen keadaan darurat meliputi perencanaan, penanganan dan tindakan pemulihan keadaan darurat. Berdasarkan analisis terhadap manajemen keadaan darurat terdapat beberapa temuan pada aspek perencanaan keadaan darurat yaitu belum dilakukan sosialisasi prosedur dan instruksi kerja keadaan darurat, belum tercukupi sarana dan prasarana keadaan darurat serta belum dilakukannya pelatihan keadaan darurat secara periodik. 

Simpulan: PT Petrosida Gresik Chemical Plant telah melakukan tindakan pencegahan dan pengendalian keadaan darurat namun dalam penerapannya masih terdapat ketidaksesuaian dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku sehingga belum sepenuhnya sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku. 

Kata kunci: Sistem Tanggap Darurat, Keadaan Darurat

×
Penulis Utama : Diah Savitri
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : R0015025
Tahun : 2018
Judul : Analisis Sistem Tanggap Darurat sebagai Upaya Pengendalian Keadaan Darurat Di Pt Petrosida Gresik Area Chemical Plant
Edisi :
Imprint : Surakarta - F.Kedokteran - 2018
Program Studi : D-3 Hiperkes
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Kedokteran Program Studi Diii Hiperkes Dan Keselamatan Kerja-R0015025-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Yeremia Rante Ada’, S.Sos., M.Kes
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Kedokteran
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.