Penulis Utama : Novia Kartika Indriani
NIM / NIP : H0814092
×

ABSTRAK

Susu merupakan salah satu produk primer di bidang pertanian-peternakan yang memiliki banyak manfaat. Namun, konsumsi susu di Indonesia masih rendah dibandingkan beberapa Negara di ASEAN. Selain itu susu juga memiliki beberapa kelemahan salah satunya daya tahan dan daya simpan susu yang rendah sehingga perlu adanya pengolahan susu agar bertahan lebih lama. Susu fermentasi merupakan produk olahan susu yang memiliki banyak manfaat dengan kandungan gizi yang sama bahkan lebih tinggi dibandingkan susu. Pasar susu fermentasi di Indonesia mengalami fluktuasi dimana merek Cimory dari tahun ke tahun terus mengalami peningkatan pangsa pasar. Oleh sebab itu perlu adanya pengkajian mengenai preferensi konsumen terhadap produk susu fermentasi Cimory sehingga dapat diketahui bagaimana selera konsumen (mahasiswa) terhadap produk susu fermentasi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kategori atribut produk apa saja yang menjadi preferensi mahasiswa serta menganalisis atribut produk mana yang paling dominan berpengaruh dalam keputusan pembelian produk susu fermentasi Cimory di Kota Surakarta.
Metode dasar penelitian ini adalah deskriptif analitis. Responden pada penelitian ini adalah mahasiswa karena dianggap dapat mewakili kelompok masyarakat dengan tingkat pengetahuan dan pendidikan yang tinggi. Lokasi penelitian adalah Kota Surakarta karena terdapat paling banyak perguruan tinggi (universitas, sekolah tinggi, dan akademi) dibanding kabupaten atau kota lain di Provinsi Jawa Tengah. Data yang digunakan pada penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Analisis data menggunakan Chi-Square untuk mengetahui kategori atribut yang menjadi preferensi konsumen dan Multiatribut Fishbein untuk mengetahui atribut produk yang paling dominan dipertimbangkan dalam keputusan pembelian susu fermentasi Cimory.
Hasil penelitian menunjukkan: terdapat perbedaan preferensi pada tiap-tiap kategori atribut produk yang dianalisis. Pada atribut varian rasa, preferensi mahasiswa adalah rasa strawberry. Kemasan botol menjadi preferensi pada atribut kemasan. Isi (volume) 250 ml merupakan preferensi mahasiswa pada atribut isi (volume) dan pada atribut kekentalan diketahui bahwa yoghurt drink merupakan preferensi mahasiswa di Kota Surakarta. Pada analisis Multiatribut Fishbein didapat hasil bahwa atribut volume (isi) merupakan atribut yang paling dominan dalam keputusan pembelian susu fermentasi Cimory. Saran yang dapat diberikan: Produsen dan pemasar sebaiknya dapat mendistribusikan produk susu  fermentasi Cimory dengan mempertimbangkan preferensi konsumen sasaran sehingga produk  yang dijual dapat sesuai keinginan dan kebutuhan konsumen.

Kata Kunci  :Susu, Fermentasi, Cimory, Surakarta, varian rasa

 

×
Penulis Utama : Novia Kartika Indriani
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : H0814092
Tahun : 2018
Judul : Analisis Preferensi Mahasiswa Terhadap Produk Susu Fermentasi Cimory di Kota Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Pertanian - 2018
Program Studi : S-1 Agribisnis
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Pertanian, Prog. Studi Agribisnis- H0814092-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Ir. Sri Marwanti M.S
2. Putriesti Mandasari S.P., M.Si.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Pertanian
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.