Penulis Utama : Rizka Ardiptya Pratama
NIM / NIP : F0314086
×

ABSTRAK

Tujuan studi ini adalah untuk menganalisis pengaruh corporate governance, auditor tenure, dan ukuran kantor publik terhadap konservatisme akuntansi. Pada studi ini data yang digunakan merupakan data sekunder. Populasi pada studi ini adalah Perusahaan Manufaktur yang terdaftar di BEI pada tahun 2013-2016. Metode purposive sampling digunakan pada studi ini untuk mengambil sampel. Sampel yang digunakan pada studi ini sebanyak 129 Perusahaan Manufaktur yang terdaftar di BEI selama periode pengamatan yaitu empat tahun berturut-turut. Teknik analisis yang digunakan yaitu regresi linear berganda dengan menggunakan software Eviews 8.

Hasil dari studi ini memberikan bukti bahwa corporate governance yang diproksikan menjadi komite audit dan komisaris independen, menunjukkan bahwa komite audit memiliki pengaruh positif terhadap konservatisme akuntansi. Sedangkan komisaris independen menunjukkan hasil bahwa tidak adanya pengaruh terhadap konservatisme akuntansi. Untuk auditor tenure dan ukuran kantor akuntan publik memberikan hasil bahwa adanya pengaruh negatif terhadap konservatisme akuntansi.
Kata Kunci: Corporate Governance, Auditor Tenure, Ukuran Kantor Akuntan Publik, Konservatisme Akuntansi

×
Penulis Utama : Rizka Ardiptya Pratama
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : F0314086
Tahun : 2018
Judul : Pengaruh Corporate Governance, Auditor Tenure, dan Ukuran Kantor Akuntan Publik Terhadap Konservatisme Akuntansi (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2013-2016)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ekonomi dan Bisnis - 2018
Program Studi : S-1 Akuntansi
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Ekonomi dan Bisnis Prog. Studi Akuntansi-F0314086-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Sri Suranta, S.E., M.Si., Ak.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.