Penulis Utama : Ersa Dwi Meitilana Anugraheni Lestari
NIM / NIP : R0015034
×

ABSTRAK

Latar Belakang : Salah satu perkembangan dibidang teknologi adalah penggunaan komputer dan laptop. Pada setiap perusahaan baik kecil maupun besar komputer dan laptop sudah menjadi barang wajib yang digunakan saat bekerja. Setiap karyawan pasti memiliki laptop atau komputer untuk mendukung pekerjaannya dan menghabiskan waktu kerja (8 jam kerja dengan istirahat 1 jam) dengan duduk didepan komputer atau laptop. Hal tersebut dapat menyebabkan cidera Muskoluskeletal Disorders.

Metode : Jenis penelitian observasional dengan metode deskriptif.pengambilan data dilakukan dengan observasi langsung ke lapangan dan wawancara. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan metode RULA, kemudian perolehan grand score dikategorikan berdasarkan action level dari RULA.

Hasil : Dari 10 postur kerja yang diteliti terdapat 5 postur kerja dengan tingkat risiko sedang yaitu pengguna komputer dan 5 postur kerja dengan tingkat risiko tinggi.

Simpulan : Tingginya tingkat risiko pada postur kerja disebabkan oleh layar monitor dan laptop yang terlalu rendah, postur batang tubuh yang tidak bersandar sempurna pada sandaran kursi, keyboard langsung diletakkan di atas meja, membuat lengan bawah beradaptasi denngan fleksi dan pergelangan tangan tertekuk. 

Kata Kunci: Postur Kerja, Rapid Upper Limb Assesment (RULA)

×
Penulis Utama : Ersa Dwi Meitilana Anugraheni Lestari
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : R0015034
Tahun : 2018
Judul : Analisis Postur Kerja pada Pekerja Pengguna Komputer dan Laptop dengan Menggunakan Metode Rapid Upper Limb Assessment Di Pt. Trakindo Utama Head Office Jakarta Selatan
Edisi :
Imprint : Surakarta - F.Kedokteran - 2018
Program Studi : D-3 Hiperkes
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Kedokteran Program Studi D.Iii Hiperkes Dan Keselamatan Kerja-R0015034-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Sumardiyono, SKM., M. Kes
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Kedokteran
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.