Penulis Utama : Wahyu Kandi Putri
NIM / NIP : R0015098
×

ABSTRAK

Latar Belakang:. Peranan tenaga kerja dalam kegiatan perindustrian selalu pada aktivitas yang bersifat manual handling.Dalam melakukan aktivitasnya, kebanyakan pekerja melakukannya dengan posisi kerja yang  tidak sesuai seperti membungkuk, tubuh yang memuntir, jangkauan tangan yang tidak normal, sehingga menimbulkan  tingginya tingkat  cidera  pada otot  atau  musculoskeltal disorders.

Metode:Penelitian   ini dengan menggunakan metode deskriptif, yaitu dengan memberikan gambaran atau deskripsi mengenai analisis risiko postur kerja para pekerja dengan menggunakan metode REBA di area workshop dan warehousePT. Trakindo Utama Cabang BSD. Pengambilan data mengenai analisis postur kerja, dilakukan melalui observasi lapangan secara langsung, wawancara, serta studi kepustakaan. Data yang diperoleh kemudian akan dibahas dengan metode REBA untuk menentukan tingkat resiko postur kerja.

Hasil: Dari 11 tenaga kerja yang diteliti terdapat 5 tenaga kerja dengan tingkat risiko rendah, 3 tenaga kerja dengan tingkat risiko sedang dan 3 tenaga kerja dengan tingkat risiko tinggi

Simpulan: Tingginya tingkat risiko postur kerja disebabkan oleh aktivitas tenaga kerja seperti mengangkat, menahan, mendorong lalu postur kerja yang membungkuk, pinggang yang memuntir serta adanya desain stasiun kerja yang belum sesuai. Sehingga dengan hasil ini diperlukan adanya tindakan pengendalian berupa perbaikan postur kerja serta redesain pada stasiun kerja yang belum sesuai.

Kata Kunci:Postur Kerja, Rapid Entire Body Assesment (REBA)

 

×
Penulis Utama : Wahyu Kandi Putri
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : R0015098
Tahun : 2018
Judul : Penilaian Postur Kerja dengan Metode Rapid Entire Body Assessment pada Tenaga Kerja Area Workshopdan Warehouse di PT. Trakindo Utama Cabang Bsd,Tangerang Selatan
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Kedokteran - 2018
Program Studi : D-3 Hiperkes
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Kedokteran, Prog. Studi D III Hiperkes dan Keselamatan Kerja- R0015098-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Reni Wijayanti, dr., M.Sc
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Kedokteran
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.