Penulis Utama : Emi Wijayanti
NIM / NIP : S831602010
×

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing menggunakan media riil dan virtual, ditinjau dari kemampuan berpikir kritis dan kerja sama serta mengetahui interaksi nya terhadap hasil belajar siswa.
Penelitian yang dilakukan merupakan penelitian Eksperimen. Model pembelajaran yang digunakan adalah Inkuiri terbimbing dengan media riil dan virtual. Tahapan Pembelajaran terdiri dari perumusan masalah, membuat hipotesis, merancang percobaan, malakukan percobaan, mengumpulkan data dan menganalisis serta membuat kesimpulan. Jenis data yang diperoleh adalah data kuantitatif. Data kuantitatif untuk kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar diperoleh melalui tes, sedangkan kerjasama melalui tes untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran dengan media riil dan virtual menggunakan rancangan faktorial 2 x 2 x 2 dengan teknik analisis varians (ANAVA) menggunakan software SPSS versi 18.
Hasil Penelitian menunjukkan bahwa (1) hasil belajar siswa yang diberi pembelajaran menggunakan media virtual lebih baik dari siswa yang menggunakan media riil (2) hasil belajar siswa yang mempunyai kemampuan berfikir kritis tinggi lebih baik dari siswa yang mempunyai kemampuan kritis rendah, (3) hasil belajar siswa yang mempunyai tingkat kerja sama   tinggi lebih baik dari siswa yang mempunyai tingkat kerjasama rendah, (4) terdapat interaksi model pembelajaran menggunakan medial riil dan virtuil dengan kemampuan berpikir kritis terhadap hasil belajar siswa, (5) Tidak ada interaksi model pembelajaran menggunakan media riil dan virtuil dengan kerja sama terhadap hasil belajar siswa, (6) tidak ada interaksi antara kemampuan berpikir kritis dan kerja sama terhadap hasil belajar siswa, (7) tidak ada interaksi antara model pembelajaran menggunakan media, kemampuan berpikir kritis dan kerja sama terhadap hasil belajar siswa.

Kata Kunci : Model pembelajaran Inkuiri Terbimbing, Media Riil, Media Virtual, Kemampuan berpikir kritis, Kerjasama, Hasil belajar

×
Penulis Utama : Emi Wijayanti
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S831602010
Tahun : 2018
Judul : Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing dengan Metode Diskusi Menggunakan Media Riil dan Virtual Terhadap Hasil Belajar Sains Ditinjau dari Kemampuan Berpikir Kritis dan Kerjasama (Studi Kasus pada Materi Sistem Peredaran Darah Manusia Kelas VIII di SMP N 1 Karanganyar Tahun Pelajaran 2016/2017)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2018
Program Studi : S-2 Pendidikan Sains
Kolasi :
Sumber : UNS-Pascasarjana Prog. Studi Pendidikan Sains-S831602010-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Ashadi
2. Prof. Dr. Widha Sunarno, M.Pd.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.