Penulis Utama : Fivtyka Odiana
NIM / NIP : K1514033
×

ABSTRAK

Tujuan Penelitian ini adalah : (1) Mengembangkan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif pada mata kuliah Struktur Beton I. (2) Mengetahui tingkat kelayakan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif pada mata kuliah Struktur Beton I.
Penelitian ini merupakan penelitian Research & Development (R&D) melalui prosedur pengembangan media pembelajaran yaitu : (1) Tahap studi pendahuluan (2) Tahap studi perancangan, selanjutnya melakukan validasi penilaian kepada ahli materi dan ahli media. Melakukan uji coba terbatas dengan 10 mahasiswa dan uji cobaluas kepada 30 mahasiswa PTB FKIP UNS yang saat itu menempuh mata kuliah Struktur Beton I. Selain melakukan uji coba kepada mahasiswa, juga dilakukan wawancara kepada dosen pengampu mata kuliah Struktur Beton I untuk mengoreksi kekurangan media. (3) Tahap evaluasi merupakan tahap akhir dari proses perancangan terkait model final media pembelajaran mata kuliah Struktur Beton I.
Berdasarkan hasil penelitian dan hasil penilaian; ahli materi menyatakan bahwa media pembelajaran Struktur Beton I termasuk kategori baik digunakan ; dengan persentase sebesar 98,96 %. Penilaian ahli media menyatakan bahwa perancangan media pembelajaran Struktur Beton I termasuk kategori baik ; dengan persentase 90,73 %. Sedangkan uji coba terbatas hasil yang diperoleh sebesar 79,0 % menyatakan bahwa media pembelajaran yang dirancang baik ; kemudian pada uji coba luas menyatakan dengan persentase 91,11 % bahwa media pembelajaran termasuk kategori baik.
Kesimpulan dari hasil penelitian adalah; 1) Prosedur pengembangan multimedia interaktif Struktur Beton I yaitu dengan Pembuatan draft materi, Pembuatan button, Penambahan action, dan Finishing media. 2) Berdasarkan penilaian pakar ahli dan hasil uji coba menyatakan bahwa multimedia interaktif layak digunakan sebagai media pembelajaran. Saran yang dikemukakan penulis yaitu; 1) Produk yang dihasilkan hanya materi penulangan balok persegi sehingga diharapkan peneliti selanjutnya menciptakan materi lain yang lebih lengkap. 2) Dalam pengembangan selanjutnya, peneliti mampu mengetahui peningkatan hasil belajar mahasiswa dengan membandingkan hasil pre test dan post test. 3) Media pembelajaran dapat diunggah ke blog atau websites sehingga mahasiswa dapat mengakses kapanpun. 4) Untuk pengembangan produk lebih lanjut bisa dilakukan secara massal sehingga membuka peluang untuk dipasarkan (marketplace).

Kata Kunci: pembelajaran, struktur beton I, multimedia, interaktif

 

×
Penulis Utama : Fivtyka Odiana
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K1514033
Tahun : 2018
Judul : Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif pada Mata Kuliah Struktur Beton I ( Materi Perhitungan Penulangan Balok Persegi )
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2018
Program Studi : S-1 Pendidikan Teknik Bangunan
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. KIP-Jur. Pendidikan Teknik Bangunan-K1514033-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Roemintoyo, S.T., M.Pd.,
2. Budi Siswanto, S.Pd., M.Ars.,
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.