Penulis Utama : Putri Juwita Citra Itafaridah
NIM / NIP : K1317056
×

Putri Juwita Citra Itafaridah. PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF “ACTIMATICS” UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI POKOK POLA BILANGAN DI SMPN 1 TELUK BAYUR BERAU. Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta. November 2021.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) proses pengembangan multimedia pembelajaran interaktif “Actimatics” pada materi pokok pola bilangan; (2) kevalidan multimedia pembelajaran interaktif “Actimatics” pada materi pokok pola bilangan; (3) kepraktisan multimedia pembelajaran interaktif “Actimatics” pada materi pokok pola bilangan; (4) keefektifan multimedia pembelajaran interaktif “Actimatics” pada materi pokok pola bilangan.

Penelitian yang dilaksanakan di SMP Negeri 1 Teluk Bayur ini merupakan penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D) dengan model pengembangan Four-D (4D) yang terdiri atas empat tahapan yaitu: pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop), dan penyebarluasan (disseminate). Data hasil penelitian ini dikumpulkan melalui beberapa instrumen. Angket penilaian kevalidan oleh ahli materi dan ahli media untuk mengetahui tingkat kevalidan. Angket penilaiankepraktisan oleh guru dan peserta didik untuk mengetahui tingkat kepraktisan. Tes hasil belajar peserta didik untuk mengetahui keefektifan multimedia pembelajaran interaktif “Actimatics” pada materi pokok pola bilangan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa penilaian kevalidan oleh ahli materi pada aspek materi memperoleh nilai 4,11 tergolong valid; pada aspek soal memperoleh nilai 4,17 tergolong valid; pada aspek bahasa memperoleh nilai 4,10 tergolong valid; dan pada aspek keterlaksanaan memperoleh nilai 4,00 tergolong valid. Penilaian kevalidan oleh ahli media pada aspek rekayasa perangkat lunak memperoleh nilai 4,70 tergolong sangat valid dan pada aspek komunikasi visual memperoleh nilai 4,53 tergolong sangat valid. Multimedia pembelajaran interaktif “Actimatics” valid dari segi materi dan media. Penilaian kepraktisan oleh guru pada aspek kualitas isi dan tujuan memperoleh nilai 4,00 tergolong praktis; pada aspek kualitas teknik memperoleh nilai 4,00 tergolong praktis; dan pada aspek kualitas pembelajaran memperoleh nilai 4,00 tergolong praktis. Penilaian kepraktisan oleh peserta didik pada aspek kualitas isi dan tujuan memperoleh nilai 4,21 tergolong sangat praktis; pada aspek kualitas teknik memperoleh nilai 4,27 tergolong sangat praktis; dan pada aspek kualitas pembelajaran memperoleh nilai 4,24 tergolong sangat praktis. Multimedia pembelajaran interaktif “Actimatics” praktis bagi guru dan peserta didik. Berdasarkan hasil tes belajar peserta didik kelas eksperimen dan kelas kontrol diperoleh bahwa rerata hasil belajar kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol. Multimedia pembelajaran interaktif “Actimatics” efektif meningkatkan hasil belajar peserta didik. Berdasarkan seluruh hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa multimedia pembelajaran interaktif “Actimatics” valid, praktis, dan efektif untuk digunakan dalam pembelajaran.

×
Penulis Utama : Putri Juwita Citra Itafaridah
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K1317056
Tahun : 2022
Judul : Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif “ACTIMATICS” untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik pada Materi Pokok Pola Bilangan di SMPN 1 Teluk Bayur Berau
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2022
Program Studi : S-1 Pendidikan Matematika
Kolasi :
Sumber : .
Kata Kunci : penelitian pengembangan, multimedia pembelajaran, interaktif, pola bilangan
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Ira Kurniawati, S.Si., M.Pd.
2. Dyah Ratri Aryuna, S.Pd., M.Si.
Penguji : 1. Sutopo, S.Pd., M.Pd.
2. Henny Ekana Chrisnawati, S.Si, M.Pd.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.