Penulis Utama : Rizki Widyawulandari
NIM / NIP : S031708019
×

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan multimedia interaktif berbasis joyful learning pada Tema 3 subtema 1 dan untuk menguji keefektifan multimedia interaktif berbasis joyful learning dalam meningkatkan Higher Order Thinking Skill (HOTS) peserta didik kelas IV SD Swasta Kota Surakarta.
Metode penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan modifikasi model pengembangan Thiagarajan dan Sukmadinata. Prosedur penelitian melalui tiga tahap yaitu studi pendahuluan, pengembangan, dan pengujian. Tahap pendahuluan bertujuan mengetahui penerapan media pembelajaran tematik yang saat ini digunakan. Tahap pengembangan dimulai dari melakukan desain awal, memvalidasi produk kepada ahli media dan ahli materi. Dilanjutkan uji coba terbatas di SD Muhammadiyah 24 Surakarta sebanyak 32 peserta didik. Kemudian uji coba luas di SD Muhammadiyah 16 Surakarta dan SD Muhammadiyah 2 Surakarta yang berjumlah 64 peserta didik. Sumber data berasal dari guru dan peserta didik. Uji keefektifan dilakukan di SD Muhammadiyah 1 Surakarta sebagai kelas eksperimen dan SD Muhammadiyah PK Kottabarat Surakarta sebagai kelas kontrol. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data melalui: observasi, wawancara, angket, dan tes. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif dan uji keefektifan menggunakan uji-t.
Hasil penelitian dan pengembangan ini menunjukkan hasil validasi ahli media diperoleh nilai 3,85 dan 3,25 serta hasil validasi ahli materi diperoleh nilai 3,65 dan 3,75. Angket respon dari uji coba terbatas diperoleh rerata 3,21, sedangkan pada uji coba luas diperoleh rerata 3,38. Hasil dari uji-t multimedia interaktif berbasis joyful learning diperoleh taraf sig. 0,000 artinya terdapat perbedaan nilai rata-rata kelas yang signifikan antara menggunakan multimedia interaktif dengan yang tidak menggunakan. Dan dari hasil skor rata-rata kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol. Hasil pengujian menunjukkan bahwa penggunaan multimedia interaktif mampu untuk meningkatkan Higher Order Thinking Skill (HOTS) peserta didik kelas IV SD Swasta Kota Surakarta.

Kata Kunci : penelitian dan pengembangan, multimedia interaktif, joyful learning, Higher Order Thinking Skill, sekolah dasar

×
Penulis Utama : Rizki Widyawulandari
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S031708019
Tahun : 2019
Judul : Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Joyful Learning untuk Meningkatkan Higher Order Thinking Skill (HOTS) Peserta Didik pada Tema 3 Subtema 1 Kelas IV SD Swasta Kota Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2019
Program Studi : S-2 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kolasi :
Sumber : UNS-Pascasarjana Prog. Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar-S031708019-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Sarwanto, S. Pd., M. Si.
2. Dr. Mintasih Indriayu, M. Pd.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.