Penulis Utama : Kiki Fajar Safitri
NIM / NIP : F3615042
×

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui mekanisme pembiayaan gadai emas sudah sesuai dengan fatwa Dewan Syariah Nasional dan motivasi nasabah dalam menggunakan produk pembiayaan gadai emas di Bank Syariah Mandiri kantor cabang Yogyakarta.
Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif. Jenis data yang digunakan adalah data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data primer dilakukan dengan studi lapangan (field research) yaitu observasi, wawancara dan praktek langsung di lapangan.teknik pengumpulan data sekunder dilakukan dengan studi kepustakaan (library research) atas teori yang mendukung penelitian ini.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa mekanisme pembiayaan gadai emas di Bank Syariah Mandiri kantor cabang Yogyakarta sudah sesuai dengan prinsip syariah dalam fatwa Dewan Syariah Nasional. Ada empat faktor yang mempengaruhi montivasi nasabah dalam menggunakan produk pembiayaan gadai emas, yaitu: Reputasi, Lokasi, Produk dan Promosi.
Saran dari penelitian ini adalah bank bisa memberikan kerjasama yang baik dengan nasabah serta memberikan kemudahan dalam persyaratan pengajuan pembiayaan. Bank harus lebih memperhatikan faktor promosi. Ada beberapa cara untuk mempromosikan produk agar lebih menarik minat masyarakat, yaitu: membuat iklan di televisi atau di media sosial, menambah sales marketing untuk menyampaikan promosi secara langsung kepada masyarakat dan membuka stand di event-event tertentu.

Kata Kunci: Pembiayaan, Gadai Emas BSM

 

×
Penulis Utama : Kiki Fajar Safitri
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : F3615042
Tahun : 2018
Judul : Pembiayaan Gadai Emas di Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang Yogyakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ekonomi dan Bisnis - 2018
Program Studi : D-3 Keuangan Perbankan
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Ekonomi dan Bisnis-Jur. Keuangan dan Perbankan-F3615042-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Ariyanto Adhi Nugroho, SE,M.Ec, Dev
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.