Penulis Utama : Bagas Privariandito
NIM / NIP : D1216012
×

ABSTRAK

Wilayah operasi PT Kereta Api Indonesia Daerah Operasi 1 Jakarta merupakan salah satu yang terpadat. Tingkat kecelakaan di Daerah Operasi 1 Jakarta yang melibatkan kereta api masih cenderung fluktuatif. Hal ini membuat masyarakat dan para pengguna jasa kereta api terancam keselamatan dan kenyamanannya sehingga merugikan bagi PT Kereta Api Indonesia.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi komunikasi program sosialisasi bahaya pelemparan batu dan menerobos palang pintu kereta di Daerah Operasi 1 Jakarta. Hal ini dikarenakan PT Kereta Api Indonesia sebagai perusahaan yang bergerak di bidang pelayanan jasa transportasi, pengguna jasa kereta api merupakan aset jangka panjang yang harus dijaga dengan baik.
Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan metode pengumpulan data menggunakan interview. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah model analisis interaktif dan menggunakan teknik triangulasi data untuk validitas data. Hasil penelitian ini dapat ditarik kesimpulan bahwa Humas Daerah Operasi 1 Jakarta dalam melakukan sosialisasi menjalankan empat tahapan strategi komunikasi yaitu Tahap Planning (Perencanaan) meliputi pengumpulan informasi mengenai titik-titik rawan terjadinya pelemparan batu dan menerobos pintu perlintasan yang akan dijadikan lokasi sosialisasi serta menentukan target sasaran dari sosialisasi; Tahap Organizing (Pengorganisasian) meliputi menentukan pihak mana saja yang akan terlibat dalam kegiatan sosialisasi ini dan seperti apa bentuk kegiatannya serta menentukan media apa saja yang menjadi media penyampaian pesan dalam kegiatan sosialisasi; Tahap Actuating (Pelaksanaan) yaitu menyusun pesan-pesan yang bersifat informatif dan edukatif disesuaikan dengan target sasaran sosialisasi. Humas dalam hal ini menyampaikan pesan-pesan sosialisasi berupa bahaya yang diakibatkan melempar batu dan menerobos pintu perlintasan melalui spanduk, poster dan secara langsung menggunakan pengeras suara, menginformasikan UU yang mengatur, pemberian pin keselamatan dan stiker serta melakukan aksi teatrikal untuk menarik perhatian dari target sosialisasi; serta Tahap Controlinng and Evaluating, dengan mengetahui alasan para pelaku melakukan pelemparan batu dan menerobos pintu perlintasan Humas kemudian memberikan instruksi kepada para Petugas Jaga Lintas untuk selalu memonitor dan mengingatkan orang-orang yang berada di sekitar rel untuk tidak melempar batu dan menerobos pintu perlintasan. Humas juga mengadakan rapat evaluasi serta monitoring media untuk mengevaluasi hasil dari kegiatan sosialisasi yang telah dilaksanakan untuk mengetahui hal apa saja yang masih menjadi kekurangan dari pelaksanaan sosialisasi.

Kata Kunci : Humas PT KAI, Menerobos Pintu Perlintasan, Melempar Batu, Sosialisasi, Strategi Komunikasi

 

×
Penulis Utama : Bagas Privariandito
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D1216012
Tahun : 2018
Judul : Strategi Komunikasi Humas PT Kereta Api Indonesia Daerah Operasi 1 Jakarta (Studi Deskriptif Kualitatif tentang Strategi Komunikasi Humas PT KAI Daop 1 Jakarta dalam Mensosialisasikan Bahaya Pelemparan Batu dan Menerobos Palang Pintu Kereta)
Edisi :
Imprint : Surakarta - FISIPOL - 2018
Program Studi : S-1 Ilmu Komunikasi Non Reguler
Kolasi :
Sumber : UNS-FISIP, Prog. Studi Ilmu Komunikasi- D1216012-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Nora Nailul Amal, S.Sos, M.LMEd, Hons
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.