Penulis Utama : Natanael Aditya Laksono
NIM / NIP : K1514054
×

ABSTRAK

Strategi pembelajaran berperan penting dalam keberhasilan suatu pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keaktifan belajar siswa dan peningkatan kemampuan kognitif siswa dengan menerapkan strategi  pembelajaran  Contextual  Teaching  and  Learning  pada mata pelajaran Dasar-dasar Konstruksi Bangunan.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan di kelas X BKP SMK N 2 Surakarta yang berjumlah 29 siswa dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Instrumen penelitian yang digunakan terdiri dari penilaian keaktifan belajar siswa dan penilaian kognitif. Uji validitas data menggunakan expert judgement, dan analisa data menggunakan analisis deskriptif kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada saat pra siklus keaktifan belajar siswa masuk dalam kategori Cukup Aktif dengan nilai 47,88, siklus I masuk dalam kategori Aktif dengan nilai 60,96 dan siklus II masuk dalam kategori Aktif dengan nilai 75,00, artinya strategi pembelajaran Contextual Teaching and Learning dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa. Sedangkan kemampuan kognitif  siswa  mengalami  peningkatan  dari  pra  siklus,  yaitu  6,90%,  siklus  I sebesar 9,52%, dan pada siklus II presentase ketuntasan siswa sebesar 76,19%, artinya penerapan strategi Contextual Teaching and Learning dapat meningkatkan keaktifan dan kemampuan kognitif siswa.

Kata kunci : Contextual Teaching and Learning,  keaktifan belajar, kemampuan kognitif

 

×
Penulis Utama : Natanael Aditya Laksono
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K1514054
Tahun : 2018
Judul : Penerapan Strategi Contextual Teaching And Learning Guna Meningkatkan Keaktifan Dan Kemampuan Kognitif Siswa pada Mata Pelajaran Dasar-Dasar Konstruksi Bangunan Siswa Kelas X-Bkp di SMK Negeri 2 Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - fkip - 2018
Program Studi : S-1 Pendidikan Teknik Bangunan
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP, Prog. Studi Pend, Teknik Bangunan- K1514054-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Sukatiman, ST.,M.Si
2. Rima Sri Agustin, ST., MT.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.