Penulis Utama : Widayanti Putri
NIM / NIP : D1515104
×

Pengelolaan berupa penerimaan dan pengeluaran Negara yang dilaksanakan melalui kas Negara merupakan wewenang Kantor Pelayanan dan Perbendaharan Negara yang kedudukannya sebagai instansi vertikal Direktorat Jenderal Perbendaharaan dan bertanggung jawab kepada Kepala Kantor Wilayah. Gaji induk adalah gaji pegawai yang telah masuk daftar gaji induk bulan sebelumnya atau susulan gajinya. Selain gaji pokok, gaji induk memuat tunjangan yaitu tunjangan keluarga, tunjangan jabatan, tunjangan pangan dan tunjangan lainlain. Tujuan dari pengamatan ini untuk mengetahui proses pencairan dana gaji induk pegawai dari awal pengajuan Surat Perintah Membayar (SPM) hingga terbitnya Surat Perintah Pencairan Dana (SP2D). 
Jenis pengamatan yang penulis lakukan adalah observasi berperan aktif dan deskriptif kualitatif yaitu dengan observasi berperan aktif merupakan suatu cara dimana penulis sebagai pengamat yang ikut berperan serta dalam berbagai situasi. Dalam melakukan pengamatan di Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara Surakarta, penulis mengamati secara langsung serta ikut berperan aktif dalam menyelesaikan beberapa kegiatan prosedur pencairan dana langsung gaji induk pegawai.  
Hasil pengamatan menunjukkan bahwa penerbitan Surat Perintah Pencairan Dana (SP2D) oleh Kantor Pelayanan Perbendaharan Negara untuk pelaksanaan pengeluaran atas beban APBN berdasarkan Surat Perintah Membayar (SPM). Dalam pengajuan SPM melalui 4 tahapan yaitu Front Office (FO) Konversi, Front Office (FO) Validasi, Middle Office (MO) Pencairan Dana dan Kepala Seksi Pencairan Dana. Surat Perintah Pencairan Dana (SP2D) dapat diterbitkan jika pengeluaran yang diminta tidak melebihi pagu anggaran yang tersedia  dan didukung dengan kelengkapan dokumen sesuai dengan peraturan perundangan. Pencairan Dana dilakukan dengan mengajukan Surat Perintah Pencairan Dana (SP2D) kepada Bank yang telah ditunjuk oleh setiap instansi dan dibayarkan kepada rekening pegawai atau melalui rekening Bendahara Pengeluaran. 
 
Kata kunci : Prosedur, Surat Perintah Pencairan Dana, Gaji Pegawai.

×
Penulis Utama : Widayanti Putri
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D1515104
Tahun : 2018
Judul : Prosedur Pencairan Dana Langsung (LS) Gaji Induk Pegawai pada Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - FISIP - 2018
Program Studi : D-3 Manajemen Administrasi
Kolasi :
Sumber : UNS-FISIP Studi Manajemen Administrasi-D1515104 -2018
Kata Kunci : Prosedur, Surat Perintah Pencairan Dana, Gaji Pegawai.
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dra. Hj. Lestariningsih, M.Si
Penguji :
Catatan Umum : Lamp tidak tersedia
Fakultas : Fak. ISIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.