Penulis Utama : Asih Rahmawati
NIM / NIP : D1519014
×

Asih Rahmawati. D1519014. Sistem Pencairan Dana Gaji Induk Pegawai Negeri Sipil Di Badan Pusat Statistik Kabupaten Wonogiri. Laporan Tugas Akhir. Program Studi Diploma III Manajemen Administrasi, Sekolah Vokasi, Universitas Sebelas Maret Surakarta. 2022. 70 Halaman.

Badan Pusat Statistik merupakan lembaga pemerintah non kementerian yang memiliki kewenangan melakukan kegiatan statistik. Badan Pusat Statistik Kabupaten Wonogiri melakukan pengurusan administrasi, salah satunya adalah pencairan dana gaji induk Pegawai Negeri Sipil yang dilakukan menggunakan beberapa sistem yang saling berhubungan. Menurut Peraturan Menteri Keuangan Nomor 17/PMK.05/2021 tentang Pelaksanaan Sistem SAKTI, pengelolaan keuangan negara perlu diterapkan menggunakan sistem informasi manajemen keuangan negara yang terintegrasi. Pengelolaan melalui sistem yang terintegrasi bertujuan untuk menciptakan tata kelola keuangan negara yang tertib, transparan, efektif dan efisien. Dengan adanya sistem pencairan dana gaji induk dapat memudahkan dalam pemberian balas jasa berupa gaji kepada pegawai dan melalui sistem gaji dapat diperhitungkan secara otomatis. Pengamatan dalam tugas akhir ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan Sistem Pencairan Dana Gaji Induk Pegawai Negeri Sipil di Badan Pusat Statistik Kabupaten Wonogiri.

Pengamatan ini menggunakan menggunakan jenis pengamatan deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sumber data yang diperoleh berasal dari kata-kata, gambar, peristiwa, dokumen dan narasumber yang ada di ruang linkup instansi.

Hasil pengamatan mendeskripsikan bahwa Sistem Pencairan Dana Gaji Induk Pegawai Negeri Sipil di Badan Pusat Statistik Kabupaten Wonogiri menggunakan beberapa sistem yaitu Aplikasi Gaji PNS Pusat (GPP), Aplikasi ESPM, dan Sistem Aplikasi Keuangan Tingkat Instansi (SAKTI). Penerapan sistem pencairan dana gaji induk tersebut dilakukan oleh 2 staf bagian umum sebagai operator aplikasi GPP dan SAKTI, Kepala subbagian umum sebagai Pejabat Penandatangan Surat Perintah Membayar (PPSPM) dan Pejabat Pembuat Komitmen (PPK). Alur sistem pencairan dana gaji induk Pegawai Negeri Sipil dimulai dari pembuatan data gaji melalui aplikasi GPP, Upload Arsip Data Komputer (ADK) gaji melalui aplikasi ESPM, pembuatan Surat Perintah Pembayaran (SPP) dan Surat Perintah Membayar (SPM) melalui SAKTI, penerbitan Surat Perintah Pencairan Dana (SP2D) oleh Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) dan penerimaan gaji pegawai pada awal bulan.

×
Penulis Utama : Asih Rahmawati
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D1519014
Tahun : 2022
Judul : Sistem Pencairan Dana Gaji Induk Pegawai Negeri Sipil di Badan Pusat Statistik Kabupaten Wonogiri
Edisi :
Imprint : Surakarta - Sekolah Vokasi - 2022
Program Studi : D-3 Manajemen Administrasi
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : Sistem, Pencairan Dana, Gaji Induk, Pegawai Negeri Sipil
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Herwan Parwiyanto, S.Sos., M.Si
Penguji : 1. Ida Setya Dwi Jayanti, S.E., M.M
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Vokasi
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.