Penulis Utama : Victor Unedo Sitorus
NIM / NIP : F0111078
×

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menyelidiki hubungan antara perkembangan pasar saham dan pertumbuhan ekonomi di Indonesia selama periode 2004-2014. Metode yang digunakan adalah pendekatan model VAR/VECM dengan dua variabel (bivariate model). Variabel perkembangan saham diwakili oleh dua indikator umum, yaitu Indikator Size dan Indikator Likuiditas. Sementara, variabel pertumbuhan ekonomi diwakili oleh produk domestik bruto riil.
Data-data dalam penelitian ini merupakan data kuartalan dengan jumlah observasi sebanyak 44. Uji stasioneritas, pemilihan lag optimal serta uji kointegrasi merupakan tahapan pengujian yang harus dilalui masing-masing variabel sebelum melakukan estimasi model VAR/VECM. Sementara uji kausalitas Granger dilakukan untuk membantu dalam menentukan arah hubungan antarvariabel yang diteliti.
Hasil uji kointegrasi Johansen menemukan hanya Indikator Size yang memiliki hubungan jangka panjang (kointegrasi) dengan pertumbuhan ekonomi. Selain itu, uji kausalitas Granger menunjukkan bahwa ada kausalitas satu arah yaitu dari Indikator Size ke pertumbuhan ekonomi. Namun secara umum, kontribusi pasar saham terhadap pertumbuhan ekonomi selama periode 2004-2014 kurang signifikan.

Kata Kunci: Perkembangan Pasar Saham, Pertumbuhan Ekonomi, VAR

 

×
Penulis Utama : Victor Unedo Sitorus
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : F0111078
Tahun : 2018
Judul : Analisis Hubungan antara Perkembangan Pasar Saham dan Pertumbuhan Ekonomi di Indonesia: Pendekatan Model Vector Autoregression (VAR)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ekonomi dan Bisnis - 2018
Program Studi : S-1 Ekonomi Pembangunan
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Ekonomi dan Bisnis-Jur. Ekonomi Pembangunan-F0111078-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Guntur Riyanto, S.E., M.Si
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.