Penulis Utama : Fransiskus Widhanto Surya Jati
NIM / NIP : D0214042
×

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh tingginya tingkat pengguna media sosial  di  Indonesia  khususnya  YouTube  yang  di  dominasi  khalayak  dengan rentang usia 18 hingga 24 tahun seperti mahasiswa. Munculnya YouTube sebagai user generated content membuat masyarakat bebas mengekspresikan diri dan berlomba-lomba untuk membuat konten yang dapat memikat penontonnya, seperti konten   tutorial   videografi.   Hal   tersebut   yang   mendorong   penulis   untuk mengetahui sejauh mana hubungan motivasi menonton tutorial videografi dengan pola penggunaan di channel YouTube Goenrock, hubungan pola penggunaan dengan kepuasan menonton tutorial videografi di channel YouTube Goenrock, hubungan motivasi dengan kepuasan dalam menonton tutorial videografi di channel YouTube Goenrock, dan hubungan motivasi dengan kepuasan dalam menonton tutorial videografi di channel YouTube Goenrock apabila variabel pola penggunaan medianya dikontrol.

Metode penelitian dilakukan dengan metode survei melalui kuesioner. Populasi penelitian adalah anggota Kineklub FISIP UNS angkatan 2014 sampai
2017, dengan perhitungan sampel secara acak sederhana ditentukan hasilnya sebanyak 54 responden. Jenis penelitian ini adalah penelitian korelasional. Teori penelelitian menggunakan Uses and Gratification. Sehingga untuk membuktikannya diperlukan uji hipotesa dengan menggunakan rumus Korelasi Parsial Rank Kendall menggunakan SPSS 23.

Hasil   penelitian   menunjukkan   bahwa   seluruh   hipotesa   memiliki hubungan yang signifikan. Hal ini ditandai dengan nilai koefisien korelasi adalah positif serta nilai thitung lebih besar dari nilai ttabel dengan taraf signifikansi 95%.

Kata  Kunci : Penelitian Korelasi, Uses and Gratification, Motivasi, Tingkat Kepuasan

×
Penulis Utama : Fransiskus Widhanto Surya Jati
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D0214042
Tahun : 2018
Judul : Hubungan Motivasi dan Kepuasan Dalam Mengakses Media Sosial Youtube (Studi Korelasi Uses, Gratification dan Media Usage dalam Menonton Tutorial Videografi pada YouTube channel Goenrock di Kalangan Anggota KINEKLUB FISIP UNS Angkatan 2014-2017)
Edisi :
Imprint : Surakarta - FISIP - 2018
Program Studi : S-1 Ilmu Komunikasi
Kolasi :
Sumber : UNS-FISIPOL Jur. Ilmu Komunikasi-D0214042-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Aryanto Budhy Sulisyantoro, M.Si
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.