Penulis Utama : Rokhaeni
NIM / NIP : S921308001
×

Latar Belakang : Tonsilitis kronik merupakan peradangan tonsil menetap atau berulang dari tonsilitis akut yang disebabkan mikroorganisme. Jumlah pasien tonsilitis kronik terbanyak pada usia anak-anak. Anak yang terkena tonsilitis kronik mempunyai berbagai gejala dan tanda klinis. Salah satu pengobatan yang dilakukan adalah tonsilektomi apabila memenuhi kriteria. Setelah tonsilektomi, dilakukan pemeriksaan histopatologi. 
Tujuan : Untuk mengetahui adanya hubungan antara gejala dan tanda klinis dengan jenis histopatologi tonsil palatina pada anak dengan tonsilitis kronik. 
Metode Penelitian : Penelitian ini merupakan penelitian observasional analitik dengan desain cross-sectional. Populasi penelitian adalah semua pasien anak usia 7-17 tahun yang datang ke poliklinik THT-KL RSUD Dr. Moewardi Surakarta, dengan diagnosis tonsilitis kronik. Pengambilan sampel dengan teknik consecutive sampling dengan sampel sebanyak 68 anak. Variabel bebas penelitian ini adalah gejala dan tanda klinis tonsilitis kronik yang diukur dengan anamnesis dan pemeriksaan fisik. Variabel terikat penelitian ini adalah jenis histopatologi tonsil palatina. Data dianalisis dengan teknik komparasi.
Hasil : Hasil analisis statistik penelitian didapatkan bahwa terdapat hubungan antara hiperemi pilar anterior dengan jenis histopatologi pada anak penderita tonsilitis kronik (p = 0,005). Sedangkan tidak ada hubungan antara riwayat nyeri tenggorok sebanyak 3 kali atau lebih dalam setahun dengan jenis histopatologi pada anak penderita tonsilitis kronik usia ? 17 tahun (p=0,854), pelebaran kripte dengan jenis histopatologi pada anak penderita tonsilitis kronik usia ? 17 tahun (p=0,956), detritus dengan jenis histopatologi pada anak penderita tonsilitis kronik usia ? 17 tahun (p=0,641), adenopati servikal dengan jenis histopatologi pada anak penderita tonsilitis kronik usia ? 17 tahun (p=0,647), pembesaran tonsil dengan jenis histopatologi pada anak penderita tonsilitis kronik usia ? 17 tahun (p=0,555).
Kesimpulan : Terdapat hubungan antara tanda klinis dengan jenis histopatologi tonsilitis kronik pada anak. 

Kata Kunci : Tonsilitis kronik pada anak, histopatologi tonsilitis
 

×
Penulis Utama : Rokhaeni
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S921308001
Tahun : 2018
Judul : Hubungan Antara Gejala Dan Tanda Klinis Dengan Jenis Histopatologi Tonsilitis Kronik Pada Anak
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Kedokteran - 2018
Program Studi : PPDS THT
Kolasi :
Sumber : Hadiah
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. dr. Vicky Eko NH, Msc, Sp.T.H.T.K.L.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Kedokteran
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.