Penulis Utama : Raissa Diva Kirana
NIM / NIP : E0014325
×

ABSTRAK

RAISSA DIVA KIRANA. E0014325. 2018. PEMAHAMAN PELAKU USAHA MIKRO  TERHADAP URGENSI PENERAPAN HUKUM KEKAYAAN INTELEKTUAL TERKAIT MEREK DITINJAU DARI UU NOMOR 20 TAHUN 2016 TENTANG MEREK DAN INDIKASI GEOGRAFIS (Studi di Dinas Koperasi Dan Umkm Surakarta) Penulisan Hukum (Skripsi) Fakultas Hukum Universitas Sebelas Maret.

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tercipta tidaknya pemahaman pelaku Usaha Mikro di Kota Surakarta, terhadap penerapan peraturan yang tertera pada Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2016 tentang Merek dan Indikasi Geografis (Sesuai penelitian di Dinas Koperasi dan UMKM Surakarta) terkait pendaftaran merek beserta kendala-kendalanya yang menjadi penghambat dalam penerapan undang-undang tersebut pada pelaku Usaha Mikro Pemahaman ini meliputi beberapa faktor yang mempengaruhi mulai dari budaya hingga nilai moral. Penelitian hukum ini merupakan penilitian empiris atau yuridis sosiologis, yang mempelajari masalah dengan langsung pada sasarannya (dalam penelitian ini pelaku Usaha Mikro). Tekhnik pengumpulan bahan hukumnya dengan kuisioner, wawancara, serta studi pustaka. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan ini dihasilkan simpulan belum meratanya pemahaman terkait Hak merek yang diatur pada Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2016 pada para pelaku Usaha Mikro, baik pemahaman mengenai pengertian hak merek itu sendiri, manfaat, maaupun prosedur pendaftarannya. Adapun faktor-faktor yang menjadi kendala terhambatnya penerapan undang-undang ini pada pelaku Usaha Mikro di Surakarta.
Kata Kunci : Pemahaman; Merek dan Indikasi Geografis; Pelaku Usaha Mikro


Kata Kunci : Pemahaman, Merek dan Indikasi Geografis, Pelaku Usaha Mikro

 

×
Penulis Utama : Raissa Diva Kirana
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : E0014325
Tahun : 2018
Judul : Pemahaman Pelaku Usaha Mikro terhadap Urgensi Penerapan Hukum Kekayaan Intelektual Terkait Merek Ditinjau dari Undang-undang Nomor 20 Tahun 2016 Tentang Merek dan Indikasi Geografis (Studi di Dinas Koperasi dan UMKM Surakarta)
Edisi :
Imprint : Surakarta - F.Hukum - 2018
Program Studi : S-1 Ilmu Hukum
Kolasi :
Sumber : UNS-F Hukum-Progdi Ilmu Hukum- E0014325-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Hernawan Hadi, S.H., M.Hum
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Hukum
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.