Penulis Utama : Muhammad Teguh Dian Purnomo
NIM / NIP : R0214066
×

ABSTRAK 
Latar Belakang : Salah satu penyakit akibat kerja yaitu penyakit paru yang timbul karena hubungan kerja antara pekerja dengan lingkungan. Adapun aktivitas kerja di area workshop berupa perbaikan mesin, body repair, putty, painting dan finishing. Aktivitas tersebut dapat menimbulkan faktor risiko bahaya yang beragam, misalnya paparan debu lingkungan kerja. Paparan debu lingkungan kerja, dan masa kerja dapat menjadi faktor risiko terjadinya gangguan fungsi paru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan debu lingkungan kerja dan masa kerja dengan kapasitas fungsi paru pada pekerja bagian workshop PT Rosalia Indah Transport Karanganyar. 
Metode : Penelitian ini adalah penelitian observasional analitik, dengan desain cross sectional. Populasi adalah tenaga kerja bagian workshop PT Rosalia Indah Transport Karanganyar berjumlah 65 orang. Teknik sampling yang digunakan adalah simple random sampling, dan diperoleh sampel sebesar 40 orang. Penelitian ini menggunakan spirometer untuk mengetahui kapasitas fungsi paru, menggunakan Nephelometer Dust Monitor untuk mengukur kadar debu lingkungan kerja dan pengumpulan data karakteristik responden dengan melakukan pengukuran dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji statistik Spearman Rank Test serta Regresi Linier Berganda. 
Hasil : Hasil penelitian menunjukkan bahwa debu lingkungan kerja memiliki hubungan yang signifikan terhadap kapasitas fungsi paru (p=0,0001), sedangkan untuk masa kerja (p=0,181) tidak memiliki hubungan yang signifikan terhadap kapasitas fungsi paru. Selanjutnya menggunakan uji Regresi Logistik menunjukkan bahwa variabel debu lingkungan kerja memiliki risiko 4.6 kali lipat terhadap terjadinya penurunan kapasitas fungsi paru pada pekerja yang terpapar dengan nilai Exp. (B) = 4.638. 
Simpulan : Terdapat hubungan yang bermakna antara kadar debu lingkungan kerja dan kapasitas fungsi paru pada pekerja bagian workshop sedangkan untuk masa kerja tidak ada hubungan yang bermakna dengan kapasitas fungsi paru pada pekerja bagian workshop PT Rosalia Indah Transport Karanganyar.  
Kata Kunci : Debu Lingkungan Kerja, Masa Kerja, Kapasitas Fungsi Paru.

×
Penulis Utama : Muhammad Teguh Dian Purnomo
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : R0214066
Tahun : 2018
Judul : Hubungan Debu Lingkungan Kerja dan Masa Kerja Dengan Kapasitas Fungsi Paru pada Pekerja Bagian Workshop Pt Rosalia Indah Transport Karanganyar
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Kedokteran - 2018
Program Studi : D-4 Kesehatan Kerja
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Kedokteran Program Diploma 4 Keselamatan dan Kesehatan Kerja-R0214066-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Haris Setyawan, S.K.M., M.Kes,
2. Tutug Bolet Atmaja, S.KM., M.Si,
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Kedokteran
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.