Penulis Utama : Catur Sumartin
NIM / NIP : R0214025
×

Abstrak

Latar Belakang : Pekerja di bagian rigging mempunyai tugas memasukkan benang ke dalam sisir palet yang terbuat dari lempengan besi tipis. Lingkungan kerja yang panas dan tidak tersedia air minum untuk pekerja dapat mempengaruhi produktivitas kerjanya. Target dari perusahaan yaitu 3000 benang/hari untuk setiap pekerja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan tekanan panas dan masa kerja dengan produktivitas kerja di bagian rigging PT. Iskandar Indah Printing Textile Surakarta.

Metode : Jenis penelitian ini merupakan penelitian observasional analitik menggunakan pendekatan cross sectional. Populasi dalam penelitian ini sejumlah 31 orang   di bagian rigging PT. Iskandar Indah Printing Textile dan menggunakan teknik  sampling  jenuh.  Variabel  bebas  yaitu  tekanan  panas  dan  masa  kerja, sedangkan variabel terikatnya yaitu produktivitas kerja. Instrumen yang digunakan Heat   Stress   Area   Monitor,   Stopwatch,   Tensimeter   Digital   Omron,   Lembar Observasi,  Alat  Tulis,  Informed  Concent,  Kamera  Digital,  dan  Laptop. Metode analisis yang digunakan adalah uji korelasi Spearman dan Gamma.

Hasil  :  Karakteristik  responden  untuk  jenis  kelamin  adalah  perempuan  semua dengan usia dewasa, rata-rata pendidikan SMA, dan rata-rata Indeks Masa Tubuh normal. Variabel penelitian berupa masa kerja rata-rata sedang dan tekanan panas berada di atas Nilai Ambang Batas (NAB). Hasil uji korelasi Spearman antara tekanan panas dengan produktivitas kerja menunjukkan hubungan yang signifikan dengan p-value = 0,034 dan r = -0,570 yang artinya terdapat kekuatan hubungan yang sedang dengan arah korelasi negatif. Hasil uji korelasi Gamma antara masa kerja dengan produktivitas kerja menunjukkan hubungan yang tidak signifikan dengan p-value = 0,294. Uji Regresi Logistik tidak dapat dilakukan karena tidak terpenuhi persyaratan uji multivariat.

Simpulan : Terdapat hubungan antara tekanan panas dengan produktivitas kerja namun tidak terdapat hubungan antara masa kerja dengan produktivitas kerja pada pekerja di bagian rigging PT. Iskandar Indah Printing Textile.

Kata Kunci : Tekanan Panas, Masa Kerja, dan Produktivitas Kerja

 

×
Penulis Utama : Catur Sumartin
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : R0214025
Tahun : 2018
Judul : Hubungan Tekanan Panas dan Masa Kerja dengan Produktivitas Kerja pada Pekerja di Bagian Rigging PT. Iskandar Indah Printing Textile Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Kedokteran - 2018
Program Studi : D-4 Kesehatan Kerja
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Kedokteran Prog. DIV keselamatan dan Kesehatan Kerja-R0214025-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D IV)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Haris Setyawan, S.K.M., M.Kes.
2. Tutug Bolet Atmojo, S.K.M., M.
Penguji :
Catatan Umum : Lamp unpublish
Fakultas : Fak. Kedokteran
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.