Penulis Utama : Ganang Prasetya Yuhana
NIM / NIP : D1216023
×

Mendapatkan pekerjaan merupakan hak semua warga Indonesia. Namun kenyataanya masih banyak lulusan Universitas yang belum mendapatkan pekerjaan. Salah satu penyebabnya, kurang terpenuhinya kebutuhan informasi lowongan pekerjaan. Terpaan media online, kualitas sistem aplikasi serta terpaan media dan kualitas sistem aplikasi merupakan beberapa faktor yang ada dalam pemenuhan kebutuhan informasi. JobStreet   merupakan aplikasi pencari kerja yang sudah berdiri lama serta dapat dipercaya  mampu memenuhi kebutuhan informasi lowongan kerja. Dari ketiga faktor tersebut dan JobStreet sebagai medianya apakah terdapat hubungan yang positif terhadap pemenuhan kebutuhan informasi lowongan kerja bagi lulusan Ilmu Komunikasi non reguler FISIP UNS periode wisuda Januari 2017 sampai Juli 2018 ?.

Penelitian ini bertujuan mengetahui dari ketiga faktor tersebut apakah terdapat hubungan yang positif terhadap pemenuhan kebutuhan informasi lowongan kerja serta ingin mengetahui seberapa kuat faktor-faktor tersebut mempengaruhi pemenuhan kebutuhan informasi  lowongan kerja bagi lulusan Ilmu Komunikasi non reguler FISIP UNS periode wisuda Januari 2017 sampai Juli 2018.

Penelitian ini menggunakan teori uses and gratifications. Dimana pengguna media adalah pihak yang aktif dalam proses komunikasi dan berusaha mencari sumber media yang paling baik di dalam usaha memenuhi kebutuhannya.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan menggunakan teknik Random Sampling. Teknik ini dalam menentukan sampelnya  akan  diambil  secara  random  dipilih  dari  elemen-elemen  populasi yang telah didaftarkan sebelumnya. Adapun ciri khusus dalam memilih sampel haruslah dari mahasiswa/i  lulusan Ilmu Komunikasi non reguler FISIP UNS periode wisuda Januari 2017 sampai Juli 2018, pengguna dan aktif menggunakan JobStreet. Populasi terdiri dari 124 orang dan sampel terdiri dari 95 orang.

Hasilnya  menunjukkan  dari  ketiga  faktor  tersebut,  ada  hubungan  yang positif dengan  pemenuhan  kebutuhan informasi  lowongan  kerja bagi  lulusan Ilmu Komunikasi non reguler FISIP UNS periode wisuda Januari 2017 sampai Juli 2018 dengan masing masing kekuatan koefisien korelasionalnya kurang, kurang dan sedang.

 

×
Penulis Utama : Ganang Prasetya Yuhana
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D1216023
Tahun : 2018
Judul : Penggunaan Media Online Pencari Kerja Jobstreet Dan Pemenuhan Kebutuhan Informasi Lowongan Kerja (Studi Korelasi Terpaan dan Kualitas Sistem Aplikasi Media Online Pencari Kerja JobStreet dengan Pemenuhan Kebutuhan Informasi Lowongan Kerja Bagi Lulusan Ilmu Komunikasi Non Reguler FISIP UNS Periode Wisuda Januari 2017 Sampai Juli 2018)
Edisi :
Imprint : Surakarta - FISIP - 2018
Program Studi : S-1 Ilmu Komunikasi Non Reguler
Kolasi :
Sumber : UNS-FISIP-Prodi Ilmu Komunikasi-D 1216023-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Chatarina Heny Dwi Surwati, S.Sos.,M.Si
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.