Penulis Utama : Nadila Maysila Herdarezki
NIM / NIP : E0014284
×

ABSTRAK
NADILA MAYSILA HERDAREZKI. E0014284. 2018. OPTIMALISASI PERCEPATAN PELAKSANAAN PENDAFTARAN TANAH SISTEMATIS LENGKAP (STUDI DI KANTOR PERTANAHAN KABUPATEN KARANGANYAR).  Penulisan  Hukum  (Skripsi)  Fakultas  Hukum Universitas Sebelas Maret.

Penelitian ini berjudul “Optimalisasi Percepatan Pelaksanaan Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (Studi di Kantor Pertanahan Kabupaten Karanganyar)” bertujuan  untuk  mengetahui  dan  menganalisis  optimalisasi  percepatan pelaksanaan pendaftaran  tanah melalui Pendaftaran Tanah Sistematis  Lengkap (PTSL), dan hambatan apa saja yang dihadapi Kantor Pertanahan Kabupaten Karanganyar dalam pelaksanaan Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL).Penelitian hukum ini merupakan penilitian normatif atau doktrial, dan bersifat preskriptif. Penelitian ini menggunakan pendekatan perundang-undangan dan pendekatan konseptual. Sumber bahan hukum yang digunakan berupa bahan hukum primer dan sekunder. Teknik pengumpulan bahan hukum yang digunakan adalah silogisme dengan menggunakan pola berfikir deduktif.
Hasil penelitian pendaftaran tanah melalui PTSL yang dilaksanakan di Kantor   Pertanahan   Kabupaten   Karanganyar   berdasarkan   Peraturan   Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional Republik Indonesia Nomor 1 Tahun 2017 tentang Perubahan Atas Peraturan Menteri Agraria dan Tata Ruang/ Kepala Badan Pertanahan Nasional Nomor 35 Tahun 2016 tentang Percepatan Pelaksanaan Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkapsudah berjalan optimal dan telah memenuhi target. Walau telah berjalan optimal, tidak menutup kemungkinan bahwa masih adanya hambatan yang dihadapi yaitu dari faktor internal Kantor Pertanahan Kabupaten Karanganyar seperti jumlah tenaga pelaksana   yang  terbatas,  fasilitas   yang  belum  mencukupi,  dan   kurangnya penerapan prinsip kehati-hatian. Adapun faktor eksternal pelaksanaan pendaftaran tanah sistematis lengkap yaitu kondisi geografis Kabupaten Karanganyar, kurangnya data yang diberikan pemohon, kurangnya informasi yang diterima pemohon  mengenai  proses  pengukuran,  adanya  sanggahan  dari  pihak  lain terhadap tanah yang didaftarkan untuk dilakukan sertifikasi.


Kata Kunci: Optimalisasi, Pendaftaran Tanah, Kantor Pertanahan

 

×
Penulis Utama : Nadila Maysila Herdarezki
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : E0014284
Tahun : 2018
Judul : Optimalisasi Percepatan Pelaksanaan Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (Studi di Kantor Pertanahan Kabupaten Karanganyar)
Edisi :
Imprint : Surakarta - F.Hukum - 2018
Program Studi : S-1 Ilmu Hukum
Kolasi :
Sumber : UNS-F Hukum-Prog. Ilmu Hukum-E0014284-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. I Gusti Ayu Ketut Rachmi Handayani, SH,MM
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Hukum
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.