Penulis Utama : Kurniawan Bagus Prabowo
NIM / NIP : E0014226
×

ABSTRAK

Penelitian ini mempreskripsikan dan mengkaji untuk mencari jawab atas permasalahan, pertama, pengaruh Pelaksanaan Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap di Kantor Badan Pertanahan Nasional Kabupaten Klaten dalam rangka memperoleh kepastian hukum Hak Atas Tanah masyarakat Kabupaten Klaten, kedua, kendala yang dihadapi dalam  Pelaksanaan Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap di Kantor Badan Pertanahan Nasional Kabupaten Klaten dan cara menghadapi kendala-kendala tersebut.
Penelitian ini merupakan penelitian hukum normatif yang bersifat preskriptif dan terapan. Sementara itu, pendekatan penelitian adalah pendekatan kasus. Jenis bahan hukum primer dan sekunder. Teknik pengumpulan bahan hukum adalah studi kepustakaan. Terkait dengan teknik analisis bahan hukum yang digunakan adalah metode deduksi silogisme dengan menghubungkan premis mayor (aturan-aturan hukum) dengan premis minor (fakta hukum).
Hasil penelitian menunjukan bahwa dengan adanya Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap dapat meningkatkan kepastian hukum hak atas tanah, karena tanah-tanah yang sebelumnya belum terdaftar sekarang menjadi jelas kepemilikannya. Dengan hal tersebut berdampak juga pada berkurangnya sengketa tanah antar pemilik tanah karena status kepemilikan tanah sudah jelas. Masyarakat merasa terbantu dengan adanya Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap karena mereka mempunyai bukti yang kuat atas tanah yang dimilikinya. Namun ada juga kendala yang dihadapi dalam proses pendaftaran tanah tersebut, seperti pemilik tanah/ahli waris berada di luar daerah dan tanah yang di daftar masih dalam status sengketa dengan para ahli waris. Tetapi permasalahan yang timbul dapat diselesaikan karena kerjasama yang baik antara panitia dengan masyarakat pemilik tanah.

Kata kunci : Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap.

 

×
Penulis Utama : Kurniawan Bagus Prabowo
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : E0014226
Tahun : 2018
Judul : Pelaksanaan Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap di Kantor Badan Pertanahan Nasional Kabupaten Klaten untuk Memperoleh Kepastian Hukum Hak atas Tanah
Edisi :
Imprint : Surakarta - F.Hukum - 2018
Program Studi : S-1 Ilmu Hukum
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Hukum-Jur. Ilmu Hukum- E0014226-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Rahayu Subekti, S.H., M.Hum.
2. Purwono Sungkowo Raharjo, S.H., M.H.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Hukum
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.