Penulis Utama : Wilis Riyanti
NIM / NIP : K3113073
×

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji keefektifan layanan bimbingan kelompok dengan social skills training untuk meningkatkan kepemimpinan peserta didik (eksperimen pada siswa kelas VIII SMP N 1 Matesih pada tahun 2017/2018). Penelitian ini menggunakan desain penelitian yaitu Pretest- Posttest  Control  Group  Design  untuk  menyelesaikan  masalah  secara eksperimental. Sampel dipilih dengan metode simple random sampling dari kelas VIII khususnya kelas A dan C di SMP N 1 Matesih, jadi ada 64 siswa yang terpilih untuk penelitian ini. Kuesioner pretest diberikan pada subjek sebelum memulai treatment, digunakan untuk mengetahui tingkat kepemimpinan subjek sehingga dapat dibandingkan dengan hasil kuesioner posttest. SPSS 20.0 digunakan untuk menganalisis dengan menggunakan uji Independent Sample T-Test.
Hasil analisis menunjukkan bahwa nilai thitung sebesar 0,927 dengan nilai signifikansi sebesar 0,361 > 0,05 sehingga H0 diterima dan Ha ditolak. Dengan demikian, membuktikan bahwa hipotesis yang peneliti ajukan dengan bunyi: “Layanan bimbingan kelompok dengan pendekatan social skills training efektif untuk meningkatkan kepemimpinan peserta didik kelas VIII SMP N 1 Matesih tahun ajaran 2017/2018” tidak dapat diterima kebenarannya.

Kata Kunci : bimbingan kelompok, social skills training, kepemimpinan

 

×
Penulis Utama : Wilis Riyanti
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K3113073
Tahun : 2018
Judul : Keefektifan Layanan Bimbingan Kelompok dengan Social Skills Training untuk Meningkatkan Kepemimpinan pada Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 1 Matesih Tahun Ajaran 2017/2018
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2018
Program Studi : S-1 Pendidikan Bimbingan Konseling
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. KIP Jur. Bimbingan dan Konseling-K3113073-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Asrowi, M.Pd.
2. Ulya Makhmudah, M.Pd.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.