Penulis Utama : Rika Oktariyani
NIM / NIP : K5413057
×

Tujuan penelitian ini adalah (1) Mengetahui persebaran industri mebel di Kecamatan Kalijambe; (2) Mengetahui perkembangan industri mebel di Kecamatan Kalijambe Tahun 2010 - 2016; (3) Mengetahui proses keruangan industri mebel di Kecamatan Kalijambe Tahun 2010 - 2016.
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan pendekatan spasial. Populasi dalam penelitian ini adalah semua industri mebel yang ada di sebagian Kecamatan Kalijambe yaitu Desa Karangjati, Desa Sambirembe, Desa Banaran dan Desa Tegalombo. Sampel yang diambil adalah pelaku usaha industri mebel yang ada di sebagian Kecamatan Kalijambe yaitu Desa Karangjati, Desa Sambirembe, Desa Banaran dan Desa Tegalombo. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah pemetaan persebaran industri mebel, analisis deskriptif kualitatif perkembangan industri mebel, dan analisis proses keruangan industri mebel.
Hasil penelitian adalah sebagai berikut ini. Pertama, persebaran industri mebel di Sebagian Kecamatan Kalijambe memiliki pola mengelompok dengan nilai T 0,601217 yaitu Desa Sambirembe berlokasi di 3 dukuh, Desa Banaran berlokasi di 7 dukuh, Desa Karangjati berlokasi di 7 dukuh dan Desa Tegalombo berlokasi di 4 dukuh, karena pengembangan keterampilan saat ini baru di wilayah tersebut. Kedua, perkembangan industri mebel di Sebagian Kecamatan Kalijambe mengalami kenaikan pada tahun 2010 – 2013 sebesar 18,11 % dan tahun 2013 – 2016 sebesar 13,37 %. Ketiga, proses keruangan industri mebel di Sebagian Kecamatan Kalijambe yang meliputi luasan, kuantitas, dan kualitas industri mebel pada tahun 2010 – 2013 dan 2013 – 2016 menujukkan gejala yang sama yaitu peningkatan kuantitas (jumlah industri mebel) tidak disertai dengan penambahan luasan aglomerasi dan kualitas industri mebel yang menunjukkan gejala stabil (tetap), karena penambahan jumlah industri terjadi di pusat kluster industri mebel yaitu Desa Banaran dan Desa Karangjati.

×
Penulis Utama : Rika Oktariyani
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K5413057
Tahun : 2018
Judul : Proses Keruangan Terhadap Perkembangan Industri Mebel di Kecamatan Kalijambe Tahun 2010 – 2016 (Sebagai Suplemen Bahan Ajar dalam Pembelajaran Geografi pada Kompetensi Dasar ‘Menganalisis Ketahanan Pangan Nasional, Penyediaan Bahan Industri, serta Potensi Energi Baru dan Terbarukan di Indonesia’ Kelas XI Semester I Sekolah Menengah Atas)
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2018
Program Studi : S-1 Pendidikan Geografi
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Jur. Pendidikan Geografi-K5413057-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Moh. Gamal Rindarjono, M.Si.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.