Penulis Utama : Nurlita Ratih Sanggar Wati
NIM / NIP : K8114048
×

ABSTRAK

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan konsentrasi belajar anak usia 4-5 tahun TK Aisyiyah Karangasem Surakarta tahun pelajaran 2017/2018 dengan menggunakan media big book. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah anak usia 4-5 tahun TK Aisyiyah Karangasem Surakarta tahun ajaran 2017/2018.   
Data diperoleh melalui wawancara, observasi, non tes, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis kualitatif yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan atau verifikasi. Uji validitas data kualitatif menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.  Prosedur penelitian terdiri dari empat fase, yaitu : a) perencanaan, b) tindakan, c) observasi, d) refleksi.   
Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketercapaian nilai konsentrasi belajar anak tiap indikator mengingkat dari pra tindakan sebesar 24,44%, siklus I sebesar 42,22% dan pada siklus II sebesar 75,56%. Peningkatan tersebut ditandai dengan keberhasilan anak untuk mampu menjawab pertanyaan dengan benar, mampu memberikan respon verbal sesuai materi, mampu memberikan perhatian pada materi, mampu melakukan kegiatan sesuai petunjuk, dan mampu mengaplikasikan pengetahuan yang didapat dalam bentuk gerak tubuh.  

Kata Kunci: Konsentrasi Belajar, Big Book, Anak usia 4-5 tahun

 

×
Penulis Utama : Nurlita Ratih Sanggar Wati
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K8114048
Tahun : 2018
Judul : Upaya Meningkatkan Konsentrasi Belajar melalui Media Big Book pada Anak Usia 4-5 Tahun di Tk Aisyiyah Karangasem Surakarta Tahun Ajaran 2017/2018
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2018
Program Studi : S-1 Pendidikan Anak Usia Dini
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. KIP-Jur. PG PAUD-K8114048-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dra. Siti Istiyati, M.Pd.,
2. Warananingtyas Palupi, S.Sn.,M.A.,
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.