Penulis Utama : Annisa Isma Nurdianah
NIM / NIP : K8113008
×

Abstrak

Penelitian  ini  bertujuan  untuk  mengetahui  adanya  pengaruh  metode  finger painting   terhadap   kemampuan   keaksaraan   anak   usia   5-6tahun.   Penelitian   ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian   quasiexperiment .Desain penelitian menggunakan  Nonequivalent Control Group Pretest dan Posttest Design.
Sampel penelitian kelompok eksperimen sebanyak 15 anak usia 5-6 tahun dan kelompok kontrol 15 anak usia 5-6 tahun. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan dokumentasi untuk mengetahui kemampuan keaksaraan anak. Validitas instrumen menggunakan  Cronbach’s  Alpha  if  item  Deleted.  Uji  Hipotesis  menggunakan  Uji Mann-Whitney U dengan  bantuan SPSS 15 for windows.Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif quasi experiment dengan desain Nonequivalent Control Group Pretest dan Posttest Design. Uji Analisis data penelitian menggunakan statistik non parametrik karena jumlah sampelnya kecil dan data tidak berdistribusi normal.Berdasarkan hasil uji hipotesis dapat diketahui bahwa hasil nilai rata-rata sebelum dan sesudah perlakuan antara kelompok eksperimen terdapat perbedaan yang signifikan, dengan taraf signifikansi < 0,05. Diketahui nilai Asymp. Sig. (2tailed) pada saat pretest 0,004 < 0,05 dan saat posttest 0,000 < 0,05.
Hasil penelitian menunjukan bahwa metode finger painting berpengaruh terhadap kemampuan keaksaraan, hal ini dibuktikan bahwa kelompok eksperimen sebelum diberikan metode finger painting nilail mean rank sebesar 11,00 dengan sum of ranks 165,00 sehingga data menyatakan bahwa kelompok eksperimen perlu diberikan perlakuan. Setelah diberikan perlakuan metode finger painting nilai mean rank  naik menjadi 22,87 dengan sum of ranks 343,00. Analisis penelitian menunjukkan bhawa terdapat perbedaan sebelum dan sesudah diberlakukan kemampuan keaksaraan dengan menggunakan metode finger painting.  Sebagaimana hasil penelitian ini  yang telah dinyatakan dari analisis yang dilakukan dengan Uji Mann Whitney U didapatkan bahwa metode finger painting mempunyai pengaruh dalam meningkatkan kemampuan keaksaraan anak TK.

Kata Kunci : metode finger painting, kemampuan keaksaraan, anak usia 5-6tahun

×
Penulis Utama : Annisa Isma Nurdianah
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K8113008
Tahun : 2018
Judul : Pengaruh Metode Finger Painting Terhadap Kemampuan Keaksaraan pada Anak Usia 5-6 Tahun Ba ‘Aisyiyah Kedungan Pedan Klaten Tahun Ajaran 2017/2018
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2018
Program Studi : S-1 Pendidikan Anak Usia Dini
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. KIP Jur. Pendidikan Anak Usia Dini-K8113008-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Ruli Hafidah, S.Pd., M.Hum.
2. Adriani Rahma Pudyaningtyas, S.Psi.,MA.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.