Penulis Utama : Mita Apriliyani
NIM / NIP : K3114032
×

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk : (1) mendeskripsikan perilaku perokok aktif di sekolah pada peserta didik kelas XI SMK Batik 2 Surakarta (2) mengetahui faktor-faktor penyebab perokok aktif di sekolah pada peserta didik tersebut (3) merumuskan alternatif pengatasan perokok aktif di sekolah pada peserta didik tersebut.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode studi kasus. Penelitian ini dilakukan di SMK Batik 2 Surakarta. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas XI yang berjumlah tiga peserta didik. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis data model interaktif dan berlangsung secara terus – menerus sampai tuntas, sehingga datanya jenuh yang ditandai dengan tidak diperolehnya data atau informasi baru.
Hasil penelitian adalah sebagai berikut : (1) bentuk perilaku perokok aktif di sekolah diantaranya yaitu merokok dilakukan pada saat jam istirahat, saat membolos, dan saat jam kosong. Tempat di sekolah yang digunakan untuk merokok biasanya di warung dekat sekolah maupun di parkiran sekolah. (2) faktor yang menyebabkan peserta didik menjadi perokok aktif diantaranya yaitu ajakan teman, kurang pengawasan dari orang tua, lingkungan pergaulan yang kurang baik sehingga ikut-ikutan merokok. (3) alternatif untuk mengatasi perokok aktif diantaranya yaitu dengan diberi konseling, pemanggilan orang tua serta membuat surat perjanjian untuk tidak merokok di sekolah lagi.

Kata kunci: perokok aktif, faktor penyebab merokok, alternatif pengatasan

 

×
Penulis Utama : Mita Apriliyani
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K3114032
Tahun : 2018
Judul : Perokok Aktif di Sekolah, Faktor Penyebab, dan Alternatif Pengatasannya pada Peserta Didik Kelas XI Smk Batik 2 Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2018
Program Studi : S-1 Pendidikan Bimbingan Konseling
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. KIP-Jur. Pend. Bimbingan Konseling-K3114032-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Soeharto, M. Pd.,
2. Ulya Makhmudah, M. Pd.,
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.