Penulis Utama : Sarwiningsih
NIM / NIP : K7514054
×

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengelolaan arsip pada Bidang Sekretariat di Dinas Pariwisata Kebudayaan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Klaten, (2) hambatan pengelolaan arsip pada pada Bidang Sekretariat Di Dinas Pariwisata Kebudayaan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Klaten (3) upaya yang dilakukan dalam mengatasi hambatan pelaksanaan pengelolaan arsip pada Bidang Sekretariat Di Dinas Pariwisata Kebudayaan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Klaten.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis deskriptif. Pendekatan penelitian ini dengan menggunakan studi kasus dengan strategi tunggal terpancang. Data dalam penelitian ini yaitu: data primer, sekunder, kualitatif dan kuantitatif. Sumber data yang diperoleh dalam penelitian ini melalui  informan, tempat dan peristiwa, dokumen dan arsip. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive dan snowball sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, analisis dokumentasi dan arsip. Uji validitas data menggunakan triangulasi sumber dan metode. Analisis data menggunakan model interaktif.
Hasil penelitian menunjukkan: (1) pengelolaan arsip pada Bidang Sekretariat Di Dinas Pariwisata Kebudayaan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Klaten dalam ruang lingkup manajemen kearsipan belum berjalan secara sistematis namun dalam beberapa pelaksanaan pengelolaan arsip sudah berjalan dengan baik, yakni membedakan antara arsip aktif dan in aktif, menerapkan asas pengorganisasian arsip dan pemeliharaan dan pengamanan arsip sehingga diperlukan penanganan agar pelaksanaan arsip dapat berjalan secara sistematis (2) hambatan pengelolaan arsip pada bidang sekretariat di Dinas Pariwisata Kebudayaan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Klaten, yaitu: (a) tidak ruang penyimpanan khusus arsip, (b) pegawai bidang Sekretariat kurang pengetahuan mengelola arsip dan  (3) tidak ada pedoman mengelola arsip. Upaya yang Dilakukan untuk mengatasi hambatan pelaksanaan Pengelolaan Arsip pada Bidang Sekretariat di Dinas Pariwisata Kebudayaan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Klaten yaitu: (a) memaksimalkan fungsi fasilitas penyimpanan arsip, (b) bekerja sama dengan antar pegawai dan siswa/mahasiswa magang, (c) memberikan kewenangan dan tanggung jawab kepada masing-masing pegawai pada arsip yang dikelola.

Kata Kunci : pengelolaan arsip, kearsipan, Bidang Sekretariat

×
Penulis Utama : Sarwiningsih
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7514054
Tahun : 2018
Judul : Analisis Pengelolaan Arsip pada Bidang Sekretariat di Dinas Pariwisata Kebudayaan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Klaten
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2018
Program Studi : S-1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. KIP Jur. Pendidikan Administrasi Perkantoran-K7514054-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Hery Sawiji M. Pd.
2. Tutik Susilowati S. Sos. M. Si.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.