Penulis Utama : Mariska Luluk Mudhiah
NIM / NIP : K7514036
×

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Pengelolaan arsip di Kejaksaan Negeri Surakarta (2) Hambatan-hambatan yang muncul dan penyebabnya dalam pengelolaan arsip di Kejaksaan Negeri Surakarta (3) Upaya yang dilakukan untuk mengatasi hambatan-hambatan yang muncul dalam pengelolaan arsip di Kejaksaan Negeri Surakarta.

            Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Teknik pengambilan subjek penelitian adalah purposive sampling dan snowball sampling. Sumber data yang digunakan adalah informan, tempat dan peristiwa, serta arsip dan dokumen. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan triangulasi data dan triangulasi metode. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis model interaktif dengan langkah-langkah yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.

            Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan pengelolaan arsip di Kejaksaan Negeri Surakarta meliputi: perencanaan (planning), pengorganisasian (organizing), pembimbingan (actuating) dan pengawasan (controlling). Pengelolaan ini dilihat dari 5 unsur yaitu pegawai arsip (man), arsip (material), fasilitas arsip (machine), metode kearsipan (method)  dan anggaran kearsipan (money). Hambatan yang dihadapi dalam manajemen kearsipan adalah kurangnya sumber daya manusia, fasilitas kearsipan yang kurang memadai dan prosedur kearsipan yang kurang jelas. Upaya yang dilakukan untuk mengatasi hambatan tersebut adalah pengadaan pegawai, pengadaan fasilitas arsip dan membuat prosedur yang jelas mengenai sistem kearsipan di Kejaksaan Negeri Surakarta.

 

Kata Kunci : Pengelolaan Arsip, Arsip, Kearsipan Kejaksaan

<!--[if gte mso 9]><xml> </xml><![endif]--><!--[if gte mso 9]><xml> Normal 0 false false false IN X-NONE AR-SA </xml><![endif]--><!--[if gte mso 9]><xml> </xml><![endif]--><!--[if gte mso 10]> <style> /* Style Definitions */ table.MsoNormalTable {mso-style-name:"Table Normal"; mso-tstyle-rowband-size:0; mso-tstyle-colband-size:0; mso-style-noshow:yes; mso-style-priority:99; mso-style-parent:""; mso-padding-alt:0cm 5.4pt 0cm 5.4pt; mso-para-margin-top:0cm; mso-para-margin-right:0cm; mso-para-margin-bottom:8.0pt; mso-para-margin-left:0cm; line-height:107%; mso-pagination:widow-orphan; font-size:11.0pt; font-family:"Calibri",sans-serif; mso-ascii-font-family:Calibri; mso-ascii-theme-font:minor-latin; mso-hansi-font-family:Calibri; mso-hansi-theme-font:minor-latin; mso-bidi-font-family:Arial; mso-bidi-theme-font:minor-bidi; mso-ansi-language:IN; mso-fareast-language:EN-US;} </style> <![endif]-->

×
Penulis Utama : Mariska Luluk Mudhiah
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7514036
Tahun : 2019
Judul : Pengelolaan Arsip di Kejaksaan Negeri Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2019
Program Studi : S-1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. KIP, Jur. Pendidikan Administrasi Perkantoran-K7514036-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Hery Sawiji, M.Pd.
2. Dr. Tri Murwaningsih, M.Si.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.