Penulis Utama : Listya Hira Nindita
NIM / NIP : E0014237
×

ABSTRAK
Listya Hira Nindita. 2018. E0014237. PENGAJUAN KASASI OLEH PENUNTUT UMUM ATAS PUTUSAN BEBAS JUDEX FACTI DAN PERTIMBANGAN HAKIM JUDEX JURIS MEMUTUS TINDAK PIDANA PERDAGANGAN ANAK (Studi Putusan Mahkamah Agung Nomor 2401 K/Pid.Sus/2014). Penulisan Hukum (Skripsi). Fakultas Hukum Universitas Sebelas Maret.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesesuaian alasan kasasi Penuntut Umum atas putusan bebas Judex Facti berdasarkan ketentuan Pasal 253 ayat (1) KUHAP dan kesesuaian Pasal 256 jo Pasal 193 ayat (1) KUHAP dengan pertimbangan Hakim Judex Juris mengabulkan permohonan kasasi Penuntut Umum dan menjatuhkan sanksi pidana terhadap Terdakwa dalam tindak pidana perdagangan anak.
Penelitian hukum ini merupakan penelitian hukum normatif yang bersifat preskriptif dan terapan dengan pendekatan penelitian studi kasus. Sumber bahan hukum yang digunakan dalam penelitian ini adalah bahan hukum primer dan bahan hukum sekunder. Teknik pengumpulan bahan hukum yang digunakan penulis adalah studi kepustakaan atau studi dokumen. Teknik analisis bahan hukum dalam penelitian ini bersifat deduksi dengan metode silogisme.
Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh kesimpulan bahwa alasan kasasi Penuntut Umum pada Putusan Mahkamah Agung Nomor 2401 K/Pid.Sus/2014 telah sesuai dengan Pasal 253 ayat (1) huruf a KUHAP bahwa Judex Facti/ Pengadilan Negeri Jakarta Barat tidak menerapkan atau menerapkan peraturan hukum yang tidak sebagaimana mestinya. Kemudian pertimbangan hukum Hakim Judex Juris/ Mahkamah Agung mengabulkan permohonan kasasi Penuntut Umum serta menjatuhkan pidana terhadap Terdakwa dalam tindak pidana perdagangan anak telah sesuai dengan Pasal 256 jo Pasal 193 ayat (1) KUHAP.

Kata Kunci: Kasasi, Pertimbangan Hakim, Perdagangan Anak

 

×
Penulis Utama : Listya Hira Nindita
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : E0014237
Tahun : 2018
Judul : Pengajuan Kasasi Oleh Penuntut Umum Atas Putusan Bebas Judex Facti Dan Pertimbangan Hakim Judex Juris Memutus Tindak Pidana Perdagangan Anak (Studi Putusan Mahkamah Agung Nomor 2401 K/Pid.Sus/2014)
Edisi :
Imprint : Surakarta - F.Hukum - 2018
Program Studi : S-1 Ilmu Hukum
Kolasi :
Sumber : UNS-F.Hukum-Prog-Ilmu Hukum-E0014237-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Kristiyadi,S.H.,M.Hum
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Hukum
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.