Penulis Utama : Alfiana Nur Rohmah Utami
NIM / NIP : D1115003
×

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis resolusi konflik antara layanan transportasi konvensional dan transportasi online dalam Prespektif community governance dengan melibatkan komunitas BANTAI, Komunitas PPSOR dan pemerintah di Kota Surakarta. Analisis ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan aspek social capital dan proses konflik antara layanan transportasi konvensional dan transportasi online.

Penelitian ini menggunakan metode penelitian diskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian dilakukan dengan wawancara mendalam dan mengkaji dokumen. Pemilihan informan ditentukan dengan teknik purposive sampling dan accidental sampling. Sedangkan uji validitas data yang digunakan penulis dalam penelitian ini adalah triangulasi metode.Untuk teknik analisis data penulis menggunakan teknik analisis data interaktif.

Hasil  dari  penelitian  menunjukkan  konflik  terjadi  karena  adanya  perebutan wilayah operasi; penurunan pendapatan; perang tarif; dan belum berlakunya regulasi yang mengatur layanan transportasi online. Penerapan resolusi konflik dalam prepektif community governance dalam menyelesaikan konflik menggunakan pendekatan aspek social capital, pendekatan ini belum dapat diterapkan. Hal tersebut belum dapat diterapkan bukan karena dari aspek community governance, namun dari masing – masing pihak yang terlibat konflik memang tidak mau menyelesaikan konflik dengan cara negosiasi dan bekerjasama untuk  mendapatkan  kesepakatan  bersama.  Pihak  Komunitas  BANTAI menganggap taksi online berpelat-hitam sudah melanggar banyak aturan dan mereka harus segera ditindak tegas, sedangkan dari komunitas PPOSR merasa taksi konvensional tidak konsisten dengan apa yang mereka tolak karena mereka juga menggunakan aplikasi tersebut.

 

×
Penulis Utama : Alfiana Nur Rohmah Utami
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D1115003
Tahun : 2018
Judul : Resolusi Konflik Antara Layanan Transportasi Konvensional dan Transportasi Berbasis Aplikasi Online dalam Prespektif Community Governance di Kota Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - FISIP - 2018
Program Studi : S-1 Administrasi Negara Non Reguler
Kolasi :
Sumber : UNS-FISIP Jur. Ilmu Administrasi Negara-D1115003-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Kristina Setyowati, M.Si.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.