Penulis Utama : Yasin Rahmawati
NIM / NIP : R0214101
×

ABSTRAK

Yasin Rahmawati, R0214101, 2018. Gambaran Faktor Risiko Anemia Ibu Hamil (Bekerja dan Tidak Bekerja) yang Melakukan ANC di Puskesmas (Studi Kasus di Puskesmas Jayengan, Nusukan, Penumping, dan Purwosari Surakarta), Diploma 4 Keselamatan dan Kesehatan Kerja Fakultas Kedokteran, Universitas Sebelas Maret, Surakarta.
Latar Belakang : Kematian ibu pada maternal menjadi masalah kesehatan baik di dunia maupun di Indonesia. Prevalensi anemia ibu hamil di Indonesia lebih dari 70%. Menurut Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kota Surakarta (2015), persentase perempuan yang bekerja di sektor industri Surakarta lebih besar (24,35%) daripada laki-laki (21,79%). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran faktor risiko anemia ibu hamil (bekerja dan tidak bekerja) yang melakukan ANC di Puskesmas Jayengan, Nusukan, Penumping, dan Purwosari Surakarta.
Metode : Jenis Penelitian yang digunakan adalah survei deskriptif. Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah seluruh ibu hamil yang bekerja maupun tidak bekerja yang melakukan pemeriksaan antenatal di Puskesmas Jayengan, Nusukan, Penumping, dan Purwosari pada bulan Januari-Oktober 2017. Pengambilan data faktor risiko anemia ibu hamil menggunakan teknik dokumentasi dan menggunakan checklist panduan pengambilan dokumen.
Hasil : Tingkat anemia lebih tinggi pada responden yang tidak bekerja (57,6%). Faktor-faktor risiko dalam penelitian ini adalah jarak kehamilan, paritas, status gizi, penyakit infeksi, usia kehamilan, umur ibu, kadar Hb, pendidikan, status pekerjaan, abortus, KB, status perkawinan, sosial ekonomi, kunjungan ANC, pemberian tablet tambah darah, dan asuransi.
Simpulan : Dari hasil penelitian diketahui bahwa tingkat anemia lebih tinggi pada responden yang tidak bekerja (57,6%). Hampir pada seluruh kategori faktor risiko terdapat lebih banyak ibu hamil yang mengalami anemia.

Kata Kunci : Faktor Risiko Anemia, Ibu Hamil, Status Pekerjaan

×
Penulis Utama : Yasin Rahmawati
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : R0214101
Tahun : 2018
Judul : Gambaran Faktor Risiko Anemia Ibu Hamil (Bekerja Dan Tidak Bekerja) Yang Melakukan Anc Di Puskesmas
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Kedokteran - 2018
Program Studi : D-4 Kesehatan Kerja
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Kedokteran Prog. IV Keselamatan dan Kesehatan Kerja-R0214101-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D IV)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Khotijah, S.K.M., M. Kes
2. Tyas Lilia Wardani, S.ST., M.KKK
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Kedokteran
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.