Penulis Utama : Anisa Risanti Suhita
NIM / NIP : D0414006
×

ABSTRAK

Reducing Emission From Deforestation and Forest Degradation (REDD+)  adalah suatu program hijau yang merupakan hasil dari Conference of The Parties (COP) di Montreal Kanada 2005. Kerjasama REDD+ antara Norwegia dan Indonesia menjadi fokus dalam penelitian ini. Pendekatan yang digunakan penelitian ini adalah pendekatan kualitatif eksplanatif dengan metode pengumpulan data berupa studi pustaka dan wawancara. Kerangka konseptual yang digunakan adalah perspektif realisme, dan konsep national interest yang terdiri dari economic interest, defence interest, dan world order interest.
Penelitian ini mengambil rumusan masalah berupa “Mengapa Norwegia bekerjasama dengan Indonesia dalam mewujudkan skema REDD+?” . Penelitian ini menghasilkan bahwa Norwegia memiliki beberapa kepentingan nasional dalam bekerjasama dengan Indonesia dalam Program REDD+. Kepentingan nasional tersebut adalah defense interest dalam menghadapi ancaman dari lingkungan eksternal negara yaitu yang berasal dari atmosfer, ancaman tersebut yaitu bencana alam mencairnya gletser di samudra arktik yang mengancam seluruh aspek kehidupan di Norwegia. Selain itu economic interest dan world order interest dalam mengambil keuntungan ekonomi yang akan diperoleh Norwegia dalam kerjasama tersebut yang memiliki keterkaitan erat dengan kelangsungan hidup industri minyak yang menjadi sumber perekonomian Norwegia. Pada akhirnya penelitian ini menyimpulkan bahwa REDD+ akan menjadi sebuah alat yang digunakan negara maju seperti Norwegia untuk mencapai kekuasaannya.

Kata kunci : REDD+, Norwegia, Indonesia, Kepentingan nasional

 

×
Penulis Utama : Anisa Risanti Suhita
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D0414006
Tahun : 2018
Judul : Kepentingan Norwegia Bekerja Sama dengan Indonesia dalam Mewujudkan Program Reducing Emission from Deforestation and Forest Degradation (REDD+)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. ISIP - 2018
Program Studi : S-1 Hubungan Internasional
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. ISIP-Jur. Hubungan Internasional-D0414006-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Randhi Satria S.IP, M.A,
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.