Penulis Utama : Febriana Gandhi Fitria Nurjanah
NIM / NIP : F3215021
×

ABSTRAK

Dewasa ini persaingan dunia bisnis semakin ketat seiring perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Perusahaan harus terus melakukan inovasi supaya mampu mengikuti perkembangan. Selain itu perusahaan dapat melakukan penguatan merek dimana merek merupakan elemen penting untuk dapat dikenal masyarakat luas. Perusahaan harus terus berupaya agar merek tersebut dapat melekat di benak konsumen sehingga produk kita akan terus diingat dan menjadi pilihan pertama konsumen.
Penelitian ini bertujuan mengukur tingkat kesadaran merek (brand awareness) produk T-Cash di Solo Raya. Pengukuran tingkat kesadaran merek (brand awareness) dibagi menjadi empat kategori yaitu, Top of Mind, Brand Recall, Brand Recognition dan Unaware Brand.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif yaitu memberikan gambaran secara deskriptif mengenai objek yang diteliti. Sampel yang digunakan berjumlah 100 responden dengan menggunakan teknik pengambilan sampel non probability sampling, sedangkan metode yang digunakan adalah convinience sampling yang terdiri dari masyarakat Solo, Klaten, Boyolali, Sragen, Sukoharjo, Wonogiri dan Karanganyar.
Hasil penelitian ini menempatkan merek uang elektronik T-Cash menempati kategori Top of Mind dalam analisis brand awareness ini dengan perolehan 34%. Sedangkan dengan kategori brand recall ditempati oleh OVO dengan perolehan 32%. Pada brand recognition mendapat perolehan 48% responden telah mengetahui merek T-Cash dan 13% responden belum mengenal merek T-Cash.
Peneliti memberikan saran untuk Telkomsel supaya lebih gencar melakukan promosi melalui event dan sales promotion supaya meningkatkan pengguna baru T-Cash. Memperluas promosi mengenai uang elektronik khususnya T-Cash hingga ke pelosok-pelosok daerah dengan cara bekerja sama dengan pemerintah daerah setempat.


Kata kunci:     Brand Awareness, Top of Mind, Brand recall, Brand Recognition, Unaware Brand.

 

×
Penulis Utama : Febriana Gandhi Fitria Nurjanah
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : F3215021
Tahun : 2018
Judul : Analisis Kesadaran Merek (Brand Awareness) Produk T-Cash Pada Perusahaan Telkomsel Di Solo (Studi pada Masyarakat Kota Solo Raya)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ekonomi dan Bisnis - 2018
Program Studi : D-3 Manajemen Pemasaran
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. FEB. Jur. Manajemen Pemasaran- F3215021-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Yeni Fajariyanti, S.E., M.Si,
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.