Penulis Utama : Desy Anisa Nur Widowati
NIM / NIP : K1313014
×

ABSTRAK
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) manakah model pembelajaran yang menghasilkan prestasi belajar yang lebih baik di antara pembelajaran matematika dengan menggunkan model pembelajaran STAD dengan strategi QSH atau dengan menggunakan model pembelajaran konvensional; (2) manakah yang menghasilkan prestasi belajar yang lebih baik di antara siswa dengan gaya belajar visual, gaya belajar auditori atau gaya belajar kinestetik; (3) pada model pembelajaran STAD dengan strategi QSH dengan model pembelajaran konvensional yang menghasilkan prestasi belajar yang lebih baik antara siswa dengan gaya belajar visual, gaya belajar auditori atau gaya belajar kinestetik dalam pembelajaran pada materi teorema pythagoras; (4) pada gaya belajar visual, gaya belajar auditorial dan gaya belajar kinestetik yang menghasilkan prestasi belajar yang lebih baik, siswa yang memperoleh model pembelajaran STAD dengan strategi QSH atau yang memperoleh model pembelajaran konvensional dalam pembelajaran pada materi teorema pythagoras.
Penelitian ini termasuk jenis penelitian eksperimental semu. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 16 Surakarta tahun pelajaran 2017/2018 yang terdiri dari 179 siswa yang terbagi kedalam enam kelas. Sampel yang digunakan yaitu siswa dari dua kelas dengan jumlah total siswa kedua  kelas tersebut adalah 54 siswa. Pengambilan sampel dilakukan secara cluster random sampling. Uji coba instrumen dilaksanakan di SMP Negeri 13 Surakarta. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode dokumentasi untuk mengumpulkan data yang berupa data nilai Ulangan Tengah Semester, metode angket untuk data gaya belajar siswa dan metode tes untuk data prestasi belajar matematika siswa pada materi Teorema Pythagoras. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis variansi dua jalan dengan sel tak sama, kemudian dilanjutkan dengan uji lanjut pasca anava yaitu uji komparasi ganda dengan metode Scheffe. Untuk persyaratan analisis, yaitu populasi berdistribusi normal menggunakan uji Lilliefors dan populasi mempunyai variansi yang sama (homogen) menggunakan metode Bartlett.
Berdasarkan hasil analisis pada penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa: (1) model pembelajaran STAD dengan strategi QSH menghasilkan prestasi belajar matematika yang lebih baik daripada model pembelajaran konvensional; (2) siswa dengan gaya belajar visual memiliki prestasi belajar yang lebih baik daripada siswa dengan gaya belajar kinestetik sedangkan siswa dengan gaya belajar auditori memiliki prestasi belajar yang sama baiknya dengan siswa yang memiliki gaya belajar visual maupun kinestetik; (3) pada masing-masing model pembelajaran, siswa dengan gaya belajar visual memiliki prestasi belajar yang lebih baik daripada siswa dengan gaya belajar kinestetik sedangkan siswa dengan gaya belajar auditori memiliki prestasi belajar yang sama baiknya dengan siswa yang memiliki gaya belajar visual maupun kinestetik; (4) pada masing-masing gaya belajar, pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran STAD dengan strategi QSH menghasilkan prestasi belajar yang lebih baik jika dibandingkan dengan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran konvensional.

Kata kunci : Student Teams Achievement Division, Question Student Have, gaya belajar, teorema pythagoras.

 

×
Penulis Utama : Desy Anisa Nur Widowati
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K1313014
Tahun : 2018
Judul : Eksperimentasi Model Pembelajaran Student Teams Achievement Division (Stad) dengan Strategi Question Student Have (Qsh) pada Materi Teorema Pythagoras Ditinjau dari Gaya Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 16 Surakarta Tahun Pelajaran 2017/2018
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2018
Program Studi : S-1 Pendidikan Matematika
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP, Prog. Studi Pendidikan Fisika- K1313014-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Sutopo, S.Pd, M.Pd
2. Yemi Kuswardi, S.Si, M.Pd
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.