Penulis Utama : Fauzan Shiddiq Rahmandika
NIM / NIP : K1313023
×

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) model pembelajaran yang menghasilkan prestasi belajar matematika yang lebih baik di antara model pembelajaran STAD dengan strategi IMWK atau model pembelajaran langsung, (2) prestasi belajar matematika yang lebih baik di antara siswa dengan gaya belajar visual, auditorial atau kinestetik pada materi keliling dan luas juring lingkaran, (3) pada masing-masing gaya belajar, mana yang menghasilkan prestasi belajar matematika lebih baik, siswa yang memperoleh model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan IMWK atau pembelajaran langsung, (4) pada masing-masing model pembelajaran, mana yang memiliki prestasi belajar matematika lebih baik, siswa dengan gaya belajar visual, auditori, atau kinestetik. 
Penelitian ini termasuk jenis penelitian eksperimental semu. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTs Muhammadiyah Blimbing Sukoharjo tahun pelajaran 2018/2019 yang terdiri dari 234 siswa yang terbagi dalam 8 kelas. Sampel yang digunakan, yaitu siswa dari dua kelas dengan jumlah total siswa dari kedua  kelas tersebut adalah 57 siswa. Pengambilan sampel dilakukan secara cluster random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode dokumentasi untuk mengumpulkan data yang berupa data nilai ulangan akhir semester, metode angket untuk data gaya belajar siswa, dan metode tes untuk data prestasi belajar matematika siswa pada materi keliling dan luas juring lingkaran. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis variansi dua jalan dengan sel tak sama, kemudian dilanjutkan dengan uji lanjut pasca anava, yaitu uji komparasi ganda dengan metode Scheffe. Untuk persyaratan analisis, yaitu populasi berdistribusi normal menggunakan uji Lilliefors dan populasi mempunyai variansi yang sama (homogen) menggunakan metode Bartlett.
Berdasarkan hasil analisis pada penelitian ini, diperoleh simpulan sebagai berikut: (1) model pembelajaran STAD dengan strategi IMWK menghasilkan prestasi belajar matematika yang lebih baik daripada model pembelajaran langsung, (2) siswa dengan gaya belajar visual memiliki prestasi belajar yang lebih baik daripada siswa dengan gaya belajar auditori dan kinestetik, sedangkan siswa dengan gaya belajar auditori memiliki prestasi belajar yang lebih baik daripada siswa yang memiliki gaya belajar kinestetik, (3) pada masing-masing gaya belajar, pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran STAD dengan strategi IMWK menghasilkan prestasi belajar yang lebih baik dibandingkan dengan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran langsung, (4) pada masing-masing model pembelajaran, siswa dengan gaya belajar visual memiliki prestasi belajar yang lebih baik daripada siswa dengan gaya belajar auditori dan kinestetik, sedangkan siswa dengan gaya belajar auditori memiliki prestasi belajar yang lebih baik daripada siswa yang memiliki gaya belajar kinestetik.

Kata Kunci : Student Teams Achievement Division, Inquiring Minds Want to Know, gaya belajar, keliling juring, luas juring

×
Penulis Utama : Fauzan Shiddiq Rahmandika
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K1313023
Tahun : 2019
Judul : Eksperimentasi Model Pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) dengan Strategi Inquiring Minds Want to Know (IMWK) pada Materi Keliling dan Luas Juring Lingkaran Ditinjau Dari Gaya Belajar Siswa Kelas VIII MTS Muhammadiyah Blimbing Sukoharjo Tahun Pelajaran 2018/2019
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2019
Program Studi : S-1 Pendidikan Matematika
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. KIP Jur. Pendidikan Matematika-K1313023-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Ikrar Pramudya, M.Si.
2. Henny Ekana Chrisnawati, S.Si, M.Pd.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.