Penulis Utama : Egan Arisyiawan
NIM / NIP : K1315016
×

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan pengaruh masing-masing kategori model pembelajaran, tipe kepribadian, dan interaksinya terhadap prestasi belajar matematika siswa pada materi pokok Sistem Persamaan Linear Dua Variabel.
    Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental semu. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP N 9 Madiun tahun pelajaran 2019/2020 yang terdiri dari 5 kelas dengan jumlah 155 siswa. Sampel yang digunakan terdiri dari dua kelas dengan jumlah 62 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan metode cluster random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode dokumentasi, metode angket, dan metode tes. Teknik Analisis data yang digunakan adalah analisis variansi dua jalan sel tak sama. Uji Persyaratan analisis adalah uji normalitas dan uji homogenitas.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Model pembelajaran Kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) dengan media nyata menghasilkan prestasi belajar matematika yang lebih baik daripada model pembelajaran Langsung pada materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV). (2) Siswa yang mempunyai kepribadian tipe Rational memiliki prestasi belajar Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) yang lebih baik jika dibandingkan dengan siswa yang mempunyai kepribadian tipe Artisan  dan Guardian. (3) Terdapat interaksi antara model pembelajaran dengan tipe kepribadian siswa terhadap prestasi belajar siswa pada materi sistem persamaan linear dua variabel. Pada penelitian ini tidak didapatkan siswa dengan tipe kepribadian idealis.

Kata Kunci: Pembelajaran Kooperatif, Student Team Achievement Division (STAD), Media Nyata, Tipe Kepribadian Siswa

×
Penulis Utama : Egan Arisyiawan
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K1315016
Tahun : 2020
Judul : Eksperimentasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division (STAD) dengan Media Nyata pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Ditinjau dari Tipe Kepribadian Siswa (Penelitian di SMP N 9 Madiun Kelas VIII Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2019/2020)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2020
Program Studi : S-1 Pendidikan Matematika
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. KIP Program Studi Pendidikan Matematika-K1315016-2020
Kata Kunci : Pembelajaran Kooperatif, Student Team Achievement Division (STAD), Media Nyata, Tipe Kepribadian Siswa
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Budiyono, M.Sc
2. Dr. Laila Fitriana, S.Pd, M.Pd
Penguji :
Catatan Umum : Lamp tidak terupload
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.