Penulis Utama : Qadama Sidiq Restu Iksanto
NIM / NIP : F3515055
×

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui peran mediator hubungan industrial dalam penyelesaian kasus-kasus perselisihan hubungan industrial, (2) mengetahui kendala-kendala mediator hubungan industrial dalam penyelesaian kasus-kasus perselisihan hubungan industrial dan solusi dari kendala-kendala tersebut. Data yang dipelajari berupa data tupoksi mediator hubungan industrial dan register perselisihan hubungan industrial tahun 2017. Teknik pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara dan pemeriksaan dokumen perusahaan. Metode pembahasan yang digunakan adalah pembahasan deskriptif yaitu membuat gambaran sistematis dengan menggunakan objek yang diteliti.
Teknis analisis data yang digunakan adalah (1) menentukan peran mediator hubungan industrial dalam penyelesaian kasus-kasus perselisihan hubungan industrial. (2) menentukan kendala-kendala mediator hubungan industrial dan solusi dari kendala-kendala tersebut. Dapat disimpulkan bahwa (1) peran mediator hubungan industrial pada Dinas Tenaga kerja dan Perindustrian (DISNAKERPERIN) Kota Surakarta adalah membantu dalam upaya penyelesaian kasus-kasus perselisihan hubungan industrial melalui mediasi diluar jalur pengadilan.  (2) Kendala-kendala mediator hubungan industrial dalam mediasi yaitu pihak-pihak perusahaan yang terkait tidak dapat hadir pada proses sidang mediasi secara lengkap.

Kata Kunci : Mediator Hubungan Industrial, Perselisihan Hubungan Industrial

 

×
Penulis Utama : Qadama Sidiq Restu Iksanto
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : F3515055
Tahun : 2018
Judul : Peran Mediator Hubungan Industrial dalam Penyelesaian Kasus-Kasus Perselisihan Hubungan Industrial pada Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian Kota Surakarta Tahun 2017
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ekonomi dan Bisnis - 2018
Program Studi : D-3 Manajemen Industri
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. FEB. Jur. Manajemen Bisnis- F3515055-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Wahyu Trinarningsih S.E.,M.M.,M.A.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.