Penulis Utama : Muslikhah Norma Fajari
NIM / NIP : D0114081
×

ABSTRAK

Difabel merupakan bagian pendudukan yang rentan terhadap kemiskinan. Kemiskinan dalam persoalan difabel bermula pada adanya eksklusi atau tidak disertakannya difabel dalam mengakses kesempatan yang sama dalam memperoleh pekerjaan. Hal ini disebabkan karena pada umumnya, difabel dianggap tidak mampu dalam angkatan kerja.  
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi stakeholder-stakeholder yang terlibat beserta peranannya dalam mewujudkan inklusi pasar tenaga kerja bagi difabel Kota Surakarta  pada aspek recruitment, vocatinal training, income, dan duration of employment. Selain itu, penelitian ini juga melakukan pemetaan stakeholder untuk mengidentifikasi tipologi stakeholder yang terlibat berdasarkan pada kepentingan (interest) dan pengaruhnya (power). Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan pengumpulan data melalui kegiatan wawancara dan studi dokumentasi.   
Hasil penelitian menunjukkan bahwa delapan stakeholder terlibat dan memiliki peran masing masing dalam mewujudkan inklusi pasar tenaga kerja bagi difabel Kota Surakarta. Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian, Dinas Sosial, dan BAPPEDA Kota Surakarta stakeholder berperan sebagai policy creator. Dinas Sosial juga berperan sebagai coordinator terkait persoalan difabel dan Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian sebagai coordinator bidang tenaga kerja. BBRSBD dan BLK berperan sebagai fasilitator yang memberikan pelatihan ketrampilan, dan PPRBM berperan sebagai fasilitator dalam pendampingan bagi difabel. Implementor dalam hal ini terdiri dari perusahaan sebagai pemberi kerja dan tenaga kerja difabel sebagai pencari kerja. Sedangkan, yang berperan sebagai akselerator adalah PPRBM.  
Dalam aspek rekruitmen, berdasarkan pada tingkat kepentingan (interest) dan pengaruh (power), maka yang termasuk dalam kategori subject adalah PPRBM, BBRSBD, dan Tenaga Kerja Difabel, key players terdiri dari Disnakerperin, Dinsos, dan BAPPEDA Kota Surakarta, sedangkan BLK termasuk dalam crowd, dan perusahaan sebagai Contest setter. Dalam aspek vocational training, BBRSBD dan Tenaga Kerja Difabel masuk dalam kategori subject. Dinas Sosial, PPRBM, dan perusahaan sebagai key players. BLK sebagai crowd. Disnakerperin dan BAPPEDA sebagai Contest setter. Dalam aspek income, PPRBM, Dinas Sosial, dan Tenaga Kerja Difabel masuk dalam kategori subject. Key playersnya adalah Disnakerperin dan BAPPEDA Kota Surakarta. BLK dan BBRSBD sebagai crowd, dan perusahaan sebagai Contest setter. Sedangkan, dalam aspek duration of employment, yang termasuk dalam kategori subject adalah PPRBM, Dinas Sosial, dan Tenaga Kerja Difabel. Key playersnya adalah Disnakerperin Kota Surakarta. BLK bersama BBRSBD termasuk crowd, dan perusahaan bersama BAPPEDA dalam hal ini masuk sebagai Contest setter.

Kata kunci : difabel, inklusi, tenaga kerja

 

×
Penulis Utama : Muslikhah Norma Fajari
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D0114081
Tahun : 2018
Judul : Analisis Peran Stakeholder dalam Mewujudkan Inklusi Pasar Tenaga Kerja bagi Difabel Kota Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. ISIP - 2018
Program Studi : S-1 Ilmu Administrasi Negara
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. ISIP-Jur. Ilmu Administrasi Negara-D0114081-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Rina Herlina Haryanti, M.Si.
Penguji :
Catatan Umum : Lamp unpublish
Fakultas : Fak. ISIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.