Penulis Utama : Flady Merry
NIM / NIP : F1115016
×

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji kondisi sosial ekonomi pedagang pasar burung di Pasar Hewan Depok Kota Surakarta. Faktor yang menjadi pengaruh dalam keberlangsungan dalam kehidupan sosial dan ekonomi pedagang pasar diantaranya modal usaha, lama usaha, tingkat pendidikan, jumlah lapak, jam kerja serta faktor pendukung lainnya diduga memiliki pengaruh terhadap pendapatan usaha.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Metode deskriptif digunakan peneliti utuk mendeskripskan varabel independen terhada variabel dependen dalam penelitian ini, serta mendeskripsika temuan observasi langsung di lapangan. Observasi di lapangan dilakukan oleh peneliti pada kelompok pedagang burung di Pasar Hewan Depok Kota Surakarta. Metode Kuantitatif yang digunakan adalah metode ekonometerika dengan analisis regresi linier berganda menggunakan alat analisis SPSS. Pengujian data yang dilakukan melalui observasi langsung dan wawancara terstruktur mrnggunakan kuesioner, bertujuan untuk mengetahui pengaruh variabel independen terhadap varaibel dependen melalui Uji T Parsial dan Uji F Simultan.
Kondisi sosial ekonomi pedagang Pasar Depok Kota Surakarta cukup memadai. Hal ini terlihat dari status kepemilikan rumah tinggal yang dimiliki sendiri oleh pedagang meskipun statusnya bersifat kontrak, serta kemampuan daya beli dan akses perbankan sebagai modal usaha menunjukkan bahwa pedagang pasar Depok sangat memahami strategi usaha sebagai bagian dari menjaga kelangsungan hidup antar sesama pedagang pasar khususnya pedagang burung di Pasar Depok Kota Surakarta. Berdasarkan hasil regresi diketahui bahwa faktor modal berpengaruh secara parsial terhadap pendapatan namun pada faktor status pekerjaan, jam kerja, jumlah lapak, lama usaha, usia pedagang, tingkat pendidikan pedagang sebagai varaibel independen, masing-masing tidak berpengaruh secara parsial. Keseluruhanvariabel tidak berpengaruh secara simultan terhadap pendapatan sebagai variabel dependen.

Kata Kunci    : Pembangunan Ekonomi, Pekerjaan Sampingan, Modal, Jam Kerja, Jumlah Lapak, Lama Usaha, Usia Pedagang, Pendidikan

 

×
Penulis Utama : Flady Merry
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : F1115016
Tahun : 2018
Judul : Kajian Sosial Ekonomi Pedagang Pasar Depok Kota Surakarta Tahun 2017 (Studi Kasus terhadap Pedagang Burung)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ekonomi dan Bisnis - 2018
Program Studi : S-1 Ekonomi Pembangunan Non Reguler
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. FEB. Jur. Ekonomi Pembangunan- F1115016-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Guntur Riyanto, S.E., M.Si.,
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.