Penulis Utama : Melynda Nurfyana Hastuti
NIM / NIP : K4614056
×

ABSTRAK

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar lompat jauh gaya berjalan di udara pada peserta didik kelas XI IPA SMA ISLAM 1 Surakartatahun ajaran 2018/2019.

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dilakukan dalam dua siklus, dan setiap siklusnya terdiri dari 2 kali pertemuan.Subjek adalah peserta didik kelas XI IPA SMA Islam 1 Surakarta berjumlah 19 peserta didik yang terdiri dari 5 peserta didikputra 14 peserta didikputri. Sumber data dari penelitian ini berasal dari peserta didik, peneliti dan guru.Teknik pengumpulan data adalah dengan observasi, wawancara, penilaiandan dokumentasi.Validitas data menggunakan teknik triangulasi data.Analisis data menggunakan teknik analisis deskripsi kualitatif dengan tekhnik persentase untuk melihat kecenderungan yang terjadi dalam kegiatan pembelajaran.

Berdasarkan hasil analisis data diperoleh sebagai berikut : padaprasiklusaspek pengetahuan peserta didik yang tuntas adalah 8 peserta didik atau 42%, sedangkan pada aspek keterampilan peserta didik yang tuntas adalah 6peserta didik atau 32%, pada siklus I aspek pengetahuan peserta didik yang tuntas adalah 14peserta didik atau 73%, dan pada aspek keterampilan peserta didik yang tuntas adalah 13 peserta didik atau 68%,sedangkan pada siklus II pada aspek pengetahuan  peserta didik yang tuntas adalah 16 peserta didik atau84%, dan pada aspek keterampilan  peserta didik yang tuntas adalah 16 peserta didik atau 84% sedangkan 3 peserta didik lainnya belum tuntas.

Simpulan dari penelitian ini adalah penerapan alat bantu pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar lompat jauh gaya berjalan di udarapada peserta didik kelas XI IPA SMA Islam 1 SurakartaTahun Ajaran 2018/2019.

Kata Kunci: Hasil Belajar, Lompat Jauh Gaya Berjalan di Udara,  Penerapan Alat Bantu Pembelajaran.

×
Penulis Utama : Melynda Nurfyana Hastuti
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K4614056
Tahun : 2018
Judul : Upaya Peningkatan Hasil Belajar Lompat Jauh Gaya Berjalan di Udara Melalui Penerapan Alat Bantu Pembelajaran pada Peserta Didik Kelas Xi Ipa Sma Islam 1 Surakarta Tahun Pelajaran 2018/2019
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2018
Program Studi : S-1 Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi-K4614056-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Agus Mukholid, M.Pd
2. 4. Djoko Nugroho, S.Pd., M.Or.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.