Penulis Utama : Samuel Danu Prayoga
NIM / NIP : D0314067
×

ABSTRAK

Samuel Danu Prayoga. D0314067. 2018. “Pengelolaan Program Pertanian Terpadu”. Skripsi. Program Studi Sosiologi. Fakultas Ilmu Sosial dan Politik. Universitas Sebelas Maret Surakarta.
Penelitian skripsi ini bertujuan untuk mengetahui sistem pengelolaan program pertanian terpadu di klinik pertanian Desa Karanglo, Kecamatan Polanharjo, Kabupaten Klaten. Teori yang digunakan sebagai analisis dalam penelitian  ini  adalah  teori  struktural  fungsionalisme  yang  dipopulerkan  oleh Talcot   Parsons.   Penelitian   ini   menggunakan   metode   penelitian   deskriptif kualitatif.   Untuk    mengumpulkan    data,    menggunakan    teknik   wawancara
mendalam, observasi dan studi dokumentasi. Sementara teknik pengambilan informan dilakukan dengan teknik purposive sampling. Data primer diperoleh dari informan atau narasumber yang dianggap mengetahui serta dapat dipercaya untuk menjadi sumber data melalui wawancara  yaitu  pengelola klinik pertanian  dan
kelompok tani. Sedangkan data sekunder berasal dari dokumen pendukung terkait
klinik pertanian. Untuk menjamin validitas data menggunakan triangulasi sumber data. Sedangkan teknik analisis data menggunakan teknik analisis interaktif yang terdiri dari yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Pengelolaan program pertanian terpadu ini dilakukan dengan 4 indikator pengelolaan. Proses pengelolaan program pertanian terpadu ini meliputi: perencanaan, pelaksanaan, pengawasan, dan evaluasi. Proses ini merupakan upaya dalam memaksimalkan sumber daya potensial, yang dapat mengarah pada peningkatan produktivitas petani desa sebagai salah satu cara untuk mewujudkan petani desa yang sejahtera. Hasil penelitian menunjukkan terdapat perubahan dari sebelum dan sesudah adanya program pertanian terpadu di klinik pertanian Desa Karanglo, petani menjadi lebih mandiri, pengurus dapat menumbuhkan rasa percaya diri dalam menghadapi masalah dengan baik dan akan terus berjuang dalam meningkatkan produktivitas para petani desa melalui program pertanian terpadu di Klinik Pertanian Desa Karanglo.

 

Kata Kunci:Pertanian Terpadu, Klinik Pertanian, Pengelolaan
 

 

×
Penulis Utama : Samuel Danu Prayoga
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D0314067
Tahun : 2018
Judul : Pengelolaan Program Pertanian Terpadu (Studi Deskriptif Kualitatif Tentang Sistem Pengelolaan Program Pertanian Terpadu Di Klinik Pertanian Desa Karanglo, Kecamatan Polanharjo, Kabupaten Klaten)
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. ISIP - 2018
Program Studi : S-1 Sosiologi
Kolasi :
Sumber : UNS-F. ISIP.-Prog. Sosiologi-D0314067-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Bambang Santosa, M.Si
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.