Penulis Utama : Marcia Ariessa
NIM / NIP : G0113062
×

ABSTRAK
Penuaan merupakan bagian dari perkembangan yang dialami manusia, namun tidak semua orang dapat menerima proses penuaan yang terjadi pada dirinya, atau biasa disebut kecemasan terhadap penuaan. Hal yang turut menimbulkan kecemasan terhadap penuaan adalah citra tubuh dan harga diri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara citra tubuh dan harga diri dengan kecemasan penuaan pada wanita dewasa madya pelanggan Larissa Aesthetic Center Surakarta.
Subjek dalam penelitian ini adalah wanita dewasa madya pelanggan Larissa Aesthetic Center Surakarta yang berjumlah 49 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Instrumen penelitian ini adalah skala kecemasan terhadap penuaan (rx= 0,805), skala citra tubuh (rx= 0,920), dan skala harga diri (rx= 0,742). Teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi berganda.
Hasil penelitian menunjukkan nilai Fhitung>Ftabel (12,518>3,209) (p<0 R=0,594), xss=removed>0,05; R= -0,274) dimana hubungan keduanya bersifat negatif. Nilai koefisien determinasi R2 dalam penelitian ini adalah 0,352 yang menunjukkan bahwa citra tubuh dan harga diri secara bersama-sama memberikan sumbangan efektif sebesar 35,2% terhadap kecemasan terhadap penuaan.
Kesimpulan penelitian ini adalah terdapat hubungan yang antara citra tubuh dan harga diri dengan kecemasan terhadap penuaan pada wanita dewasa madya pelanggan Larissa Aesthetic Center Surakarta.

Kata kunci: citra tubuh, harga diri, kecemasan terhadap penuaan

 

×
Penulis Utama : Marcia Ariessa
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : G0113062
Tahun : 2018
Judul : Hubungan Antara Citra Tubuh dan Harga Diri dengan Kecemasan Terhadap Penuaan pada Wanita Dewasa Madya Pelanggan Larissa Aesthetic Center Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Kedokteran - 2018
Program Studi : S-1 Psikologi
Kolasi :
Sumber : UNS-F.Kedokteran, Prog. Studi Psikologi- G0113062-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dra. Suci Murti Karini, M.Si., Psikolog
2. Laelatus Syifa S. A., S.Psi., M.Psi., Psikolog
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Kedokteran
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.