Penulis Utama : Dikky Mahendra Affandi
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K3213022
Tahun : 2018
Judul : Proses Pembelajaran Lukis Kaca Pada Mata Pelajaran Seni Budaya Kelas XII IPA 4 di SMA N 1 Sukoharjo Tahun Ajaran 2017/2018
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2018
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Jur. Pendidikan Seni Rupa-K3213022-2018
Subyek : PROSES PEMBELAJARAN, SENI LUKIS, KACA
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan: (1) Proses Pembelajaran Lukis Kaca Pada Mata Pelajaran Seni Budaya Kelas XII IPA 4 Di SMA Negeri 1 Sukoharjo Tahun Ajaran 2017/2018. (2) Faktor apakah yang menjadi hambatan dan pendukung pelaksanaan pembelajaran lukis kaca   dalam mata pelajaran seni budaya di kelas XII IPA 4 SMA N 1 Sukoharjo.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Sumber data yang digunakan adalah informan yaitu Malatu, S.Pd. selaku guru seni rupa SMA Negeri 1 Sukoharjo dan siswa kelas XII IPA 4 SMA Negeri 1 Sukoharjo serta foto proses pembelajaran, hasil karya, dan dokumen arsip. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah observasi langsung, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling atau sampel bertujuan. Uji validitas data yang digunakan adalah triangulasi data dan review informan. Analisis data yang digunakan adalah model analisis model mengalir.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Proses pembelajaran dilaksanakan selama lima kali pertemuan yang terdiri dari 2 X 45 menit setiap pertemuan, pertemuan pertama dimulai dengan proses pemberian materi dan pemberian contoh karya seni lukis kaca, pertemuan kedua dilanjutkan praktek secara langsung yang diawali membuat pola gambar pada kertas dilanjutkan dengan  melukiskan  pola  gambar  yang  sudah  dibuat  pada  kaca,  kemudian petemuan ketiga dan keempat adalah pemberian warna pada pola gambar di kaca. Pertemuan kelima dilanjutkan  dengan pemberian  warna pada background  dan finishing yaitu penyemprotan cat clear pada hasil karya siswa. Guru menggunakan beberapa komponen pembelajaran dalam melaksanakan pembelajaran, antara lain: tujuan pembelajaran dari aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik, media pembelajaran audio visual, model pembelajaran CTL (Contextual Teaching and Learning), materi pembelajaran seni rupa dua dimensi lukis kaca, metode pembelajaran tanya jawab, ceramah, pemberian tugas, ekspresi bebas, demonstrasi, dan evaluasi pembelajaran dari aspek afektif, kognitif, dan psikomotorik. (2) Terdapat beberapa factor pendukung dan penghambat dalam proses pembelajaran seni lukis kaca yang memperngaruhi hasil karya siswa, hal ini ditunjukkan dari pengamatan secara langsung selama keseluruhan proses pembelajaran, dan pengamatan hasil karya siswa, yang kemudian dipadukan dan diambil kesimpulan.

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
HALAMAN JUDUL.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
Lembar Persetujuan Publikasi.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Margana, M.Sn.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP