Penulis Utama : Faisal Aprilianto
NIM / NIP : K3214018
×

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Untuk mengetahui proses pembelajaran seni lukis menggunakan media plastisin kelas XI IPA 1 SMA Negeri 1 Jatinom Klaten tahun ajaran 2017/2018 ditinjau dari aspek materi, metode, model, media, dan evalusai pembelajaran. (2) Untuk mengetahui faktor penghambat dan upaya mengatasi hambatan dalam pembelajaran seni lukis menggunakan media plastisin kelas XI IPA 1 SMA Negeri 1 Jatinom Klaten tahun ajaran 2017/2018. (3) Untuk mengetahui hasil karya seni lukis menggunakan media plastisin kelas XI SMA IPA 1 Negeri 1 Jatinom Klaten tahun ajaran 2017/2018 ditinjau dari aspek ide, warna, dan bentuk.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Sumber data yang digunakan adalah informan yaitu Merri Marsita Dewi selaku guru seni budaya kelas XI IPA 1 SMA Negeri 1 Jatinom Klaten dan siswa kelas XI IPA 1 SMA Negeri 1 Jatinom Klaten, serta foto, hasil karya dan dokumen arsip. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi langsung, wawancara mendalam dan dokumentasi. Teknik uji validitas data yang digunakan adalah triangulasi data dan review informant.Analisis data yang digunakan adalah model mengalir.
        Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) tujuan pembelajaran disesuaikan dengan materi yang diberikan pada setiap pertemuan, siswa mampu menyebutkan unsur-unsur seni rupa dan prinsip-prinsip seni rupa, siswa mampu Menjelaskan jenis-jenis media seni lukis yang diterapkan dalam pembuatan karya seni lukis menggunakan media plastisin, siswa mampu Membuat sebuah karya seni lukis menggunakan media plastisin/ lilin malam yang dikembangkan dari beragam unsur seni rupa serta melakukan finishing pada karya. Metode pembelajaran yang digunakan yaitu ceramah, tanya jawab, demonstrasi dan pemberian tugas. Media pembelajaran berupa karya yang sudah jadi dan contoh proses berkaya. Evaluasi pembelajaran pada evaluasi formatif dan evaluasi sumatif. (2) faktor pendukung pembelajaran yaitu media berkarya, guru, siswa dan lingkungan sekolah. Faktor penghambat pembelajaran yaitu siswa, dan fasilitas. (3) hasil karya siswa dari aspek warna dan bentuk dikategorikan sangat baik, baik, dan cukup baik, namun karya masih ada yang bisa dikembangkan.

Kata kunci: pembelajaran, seni lukis

 

 

×
Penulis Utama : Faisal Aprilianto
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K3214018
Tahun : 2018
Judul : Pembelajaran Seni Lukis Menggunakan Media Plastisin Kelas XI IPA 1 SMA Negeri 1 Jatinom Klaten Tahun Ajaran 2017/2018
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. KIP - 2018
Program Studi : S-1 Pendidikan Seni Rupa
Kolasi :
Sumber : UNS-P. KIP Jur. Pendidikan Seni Rupa-K3214018-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Mulyanto, M.Pd
2. Dra. MY Ning Yuliastuti, M.Pd
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.