Penulis Utama : Fajar Ady Widyanto
NIM / NIP : K3212026
×

ABSTRAK

 

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) pelaksanaan pembelajaran seni lukis dengan teknik kolase di kelas XI IPA 2 SMA Negeri Jumapolo. (2) bentuk karya seni lukis dengan teknik kolase yang di hasilkan siswa kelas XI IPA 2 SMA Negeri Jumapolo.(3) faktor penghambat dan faktor pendukung dalam proses pembelajaran seni lukis dengan teknik kolase di kelas XI IPA 2 SMA Negeri Jumapolo.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Sumber data yang digunakan adalah informan yang dipilih yaitu bapak Puryanudi, S.Pd selaku guru mata pelajaran seni budaya (seni rupa) dan siswa kelas XI IPA 2 SMA Negeri Jumapolo, serta foto, hasil karya, dan dokumentasi arsip. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah Teknik observasi, teknik wawancara, dan teknik analisis arsip atau dokumen. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling atau sampel bertujuan. Teknik analisis data yang digunakan adalah model analisis mengalir yaitu reduksi data, sajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) pembelajaran seni lukis dengan teknik kolase meliputi: (a) Tujuan pembelajaran agar siswa dapat menggunakan bahan dan alat berkarya seni lukis dengan teknik kolase dan siswa
mampu membuat karya seni lukis dengan teknik kolase dengan menggunakan berbagai bahan dari alam maupun industri, (b) Menyiapkan materi pembelajaran, (c) Metode pembelajaran yang digunakan adalah ceramah,demonstrasi, tanya jawab, pemberian tugas, (d) Media pembelajaran yang digunakan antara lain alat peraga contoh karya, leptop dan layar LCD proyektor, dan (e) Evaluasi pembelajaran. (2) secara umum seni lukis dengan teknik kolase karya siswa sudah menerapkan prinsip-prinsip seni rupa (3) Proses pembelajaran seni lukis dengan teknik kolase di kelas XI IPA 2 SMA Negeri Jumapolo memiliki beberapa faktor penghambat dan faktor pendukung selama proses pembelajaran seni lukis dengan teknik kolase berlangsung.

Kata kunci: Pembelajaran seni budaya, seni lukis dengan teknik kolase, faktor penghambat dan pendukung.

 

×
Penulis Utama : Fajar Ady Widyanto
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K3212026
Tahun : 2018
Judul : Pembelajaran Seni Lukis dengan Teknik Kolase pada Mata Pelajaran Seni Budaya di Kelas XI Ipa 2 SMA Negeri Jumapolo Tahun Ajaran 2017/2018
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2018
Program Studi : S-1 Pendidikan Seni Rupa
Kolasi :
Sumber : UNS- FKIP, Prog. Studi Pend. Seni Rupa- K3212026-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Margana, M.Sn
2. Lili Hartono S.Sn.,M.Hum
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.