Penulis Utama : Farras Mubarok
NIM / NIP : K3214020
×

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Pelaksanaan pembelajaran  seni  lukis  teknik  plakat  di  kelas  XII SMA  Negeri  1  Purwareja Klampok; (2) Visualisasi karya seni lukis yang dihasilkan siswa kelas XII SMA Negeri 1 Purwareja Klampok.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Strategi dalam penelitian ini adalah studi kasus tunggal terpancang. Sumber data berupa informan yang dipilih yaitu Sugeng Widodo sebagai guru seni budaya dan siswa kelas XII IPA 3 SMA Negeri 1 Purwareja Klampok, foto proses pembelajaran,  hasil  karya siswa,  dan dokumen arsip. Pengambilan sampel dilakukan menggunakan purposive sampling. Pengumpulan data meliputi observasi berperan pasif, wawancara semi terstruktur, dan dokumentasi. Uji validitas data menggunakan trianggulasi data dan review informan. Analisis data menggunakan model analisis mengalir yaitu reduksi data, sajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: Pertama, silabus dan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) disusun mengacu pada kurikulum 2013. Materi pembelajaran disampaikan secara sistematis namun kurang menjelaskan tentang teknik plakat. Metode pembelajaran yang digunakan meliputi ceramah, tanya jawab, demonstrasi, dan pemberian tugas sehingga diharapkan dapat mendorong siswa untuk belajar dengan lebih aktif dan kreatif, namun metode demonstrasi kurang menerapkan teknik dan media melukis yang sesuai. Media pembelajaran visual berupa foto dan contoh karya lukis efektif untuk memberikan pemahaman kepada siswa. Evaluasi pembelajaran berdasarkan aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik yang diamati dari kegiatan persiapan, proses melukis, dan hasil karya lukis. Kedua, karya lukis siswa memiliki beragam ide dan gaya visual. Unsur visual yang terlihat dalam karya lukis siswa meliputi: titik, garis, bidang, warna, tekstur, dan gelap terang. Prinsip visual yang terlihat meliputi kesatuan, irama, keseimbangan, dan dominasi. Siswa menerapkan teknik dasar melukis plakat dan bereksplorasi dengan teknik lain seperti blok, blending, grattage, hard egde, cipratan, dan tetesan.

×
Penulis Utama : Farras Mubarok
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K3214020
Tahun : 2018
Judul : Pembelajaran Seni Lukis Teknik Plakat di Kelas XII SMA Negeri 1 Purwareja Klampok Tahun Ajaran 2017/2018
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2018
Program Studi : S-1 Pendidikan Seni Rupa
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Jur. Pendidikan Seni Rupa-K3214020-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Adam Wahida, S.Pd, M.Sn
2. Nanang Yulianto, S.Pd, M.Ds
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.