Penulis Utama : Ninda Setyaningrum
NIM / NIP : K8114043
×

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berbicara melalui media gambar berseri pada anak kelompok A TK ABA Gergunung, Klaten Tahun Ajaran 2017/2018., dengan mengambil indikator (1) kelancaran berbicara; (2) keberanian berbicara; dan (3) kemampuan memperkaya kosakata dengan menceritakan kembali secara urut.
Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dan pendekatan kualitatif selama dua siklus, yang meliputi empat tahap yaitu, perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi di masing – masing siklus. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelompok A TK ABA Gergunung, Klaten berjumlah 15 anak (laki – laki = 10 anak, perempuan = 5 anak). Pengumpulan data dilaksanakan dengan observasi, wawancara, unjuk kerja, dan dokumentasi untuk mengetahui hasil peningkatan kemampuan berbicara peserta didik setiap siklusnya. Sedangkan, teknik analisis data yang digunakan analisis data kuantitatif menggunakan deskriptif dan analisis data kualitatif menggunakan model analisis dari Miles dan Huberman.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan berbicara anak mengalami peningkatan dari sebelum tindakan, dan setelah diadakan tindakan. Pada pratindakan kemampuan berbicara anak sebesar 47,2%, dan setelah diadakan tindakan dengan menerapkan media gambar berseri adanya peningkatan pada siklus I sebesar 55,3%, dan siklus II sebesar 81,3%. Peningkatan tersebut dibuktikan dengan keberhasilan anak mampu untuk berbicara lancar, berani berbicara di depan kelas, dan mampu untuk memperkaya kosakata dengan menceritakan kembali cerita secara urut. Sehingga, dapat disimpulkan bahwa media gambar berseri dapat meningkatkan kemampuan berbicara anak kelompok A TK ABA Gergunung, Klaten Tahun Ajaran 2017/2018.

Kata Kunci : kemampuan berbicara, media gambar berseri, anak usia 4-5 tahun

×
Penulis Utama : Ninda Setyaningrum
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K8114043
Tahun : 2018
Judul : Upaya Meningkatkan Kemampuan Berbicara Melalui Media Gambar Berseri Kelompok A di TK Aba Gergunung, Klaten Tahun Pelajaran 2017/2018
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2018
Program Studi : S-1 Pendidikan Anak Usia Dini
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP-Prog Studi PG-PAUD-K8114043-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dra. Siti Kamsiyati, M.Pd.,
2. Adriani Rahma Pudyaningtyas, S.Psi., M.A.,
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.